Tak Berkategori  

DAU Dipotong, DPRD Sumbar Kurangi Kunker

PADANG –┬áDemi penghematan anggaran karena pemotongan dana alokasi umum (DAU), DPRD Sumatera Barat siap mengurangi kunjungan kerja (kunker). Anggaran lain juga banyak yang akan dipangkas, terutama perjalanan dinas pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Sumbar.

“Kita akan efesiensikan semuanya. Akan diatur kembali penganggarannya dalam APBD perubahan Sumbar 2016,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt.Intan Bano, Senin (5/9).

DPRD, kata dia, siap untuk melakukan penghematan. Terutama pengurangan kunker ke daerah. Tujuannya agar banyak dana bisa diefisienkan untuk program yang lebih prioritas.

Menurut Arkadius, pemerintah pusat bukan sengaja memotong dana DAU untuk Sumbar. Namun keadaan memang menuntut seperti itu. Penyebabnya karena pada 2016 ini ada penurunan perkembangan ekonomi global dan nasional. Selain juga turunnya harga minyak bumi dan volume ekspor beberapa komoditi. Keadaan itu membuat target pendapatan negara tak tercapai. Sehingga pemerintah pusat berhemat salah satunya dengan cara memotong DAU untuk provinsi. (titi)