HeadlineHukum dan kriminalitas

Diduga “Ada Upeti”, Kepala Bapenda Sumbar Diperiksa Inspektorat

×

Diduga “Ada Upeti”, Kepala Bapenda Sumbar Diperiksa Inspektorat

Sebarkan artikel ini
Kantor Gubernur Sumatera Barat.ist

PADANG – Inspektorat Provinsi Sumatera Barat menegaskan pemeriksaan terhadap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar, Maswar Dedi adalah pemeriksaan khusus. Hasil pemeriksaan tersebut sudah di tangan Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

Kepala Bapenda Sumbar, Maswar Dedi membantahnya. “Tidak ada itu,”katanya.

Sumber Singgalang menyebutkan, Maswar Dedi sepertinya akan dicopot, dengan demikian kesalahan berhenti sampai di sana. Ia dianggap bertindak atas nama sendiri, padahal, kata sumber tadi, pejabat ini hanya menjalankan tugas semata.

“Mana berani, itu perintah, handeh wartawan icak-icak tidak tahu pula,” kata dia.

Saat ini, pejabat tinggi kantor gubernur sedang memikirkan, apakah Dedi akan dicopot atau tidak. Jika dicopot yang ditakutkan, jika ia bernyanyi, kalau tidak, pemeriksaan sudah dilakukan. Ini, terjadi karena kejaksaan tinggi, minta agar hal itu ditangani inspektorat saja dulu.

Benar diperiksa

Kepala Inspektorat Provinsi Sumbar, Delliyarti pada Singgalang dihubungi, kemarin, Kamis (30/11) membenarkan ada pemeriksaan.

“Hasilnya sudah kita serahkan pada pimpinan,”sebutnya.

Dijelaskannya, untuk pemeriksaan di Inspektorat itu ada dua. Pemeriksaan rutin, kemudian pemeriksaan khusus. Pemeriksaan Kepala Bapenda Sumbar, Maswar Dedi adalah khusus.

“Karena pemeriksaan atas permintaan pimpinan,”ujarnya.

Disebutkannya, pola pemeriksaan itu jika ada masuk laporan melalui pintu Aparat Penegak Hukum (APH) dan pintu pimpinan. dari APH ada Kepolisian kemudian Kejaksaan.

“Untuk hasil pemeriksaan tergantung permintaan. Jika yang meminta adalah Kepolisian, maka hasilnya akan kita serahkan pada Kepolisian, kalau permintaan dari Kejaksaan hasilnya kita serahkan pada Kejaksaan. Kalau dugaan ini permintaan dari pimpinan, maka kita serahkan pada pimpinan,”ujarnya.