Tak Berkategori  

Diduga Konsleting Listrik, Rumah di Pariaman Terbakar

Ilustrasi.(mat)

PARIAMAN – Satu unit rumah warga di kawasan Desa Ampalu, Pariaman Utara, Kota Pariaman terbakar, Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 03.10 WIB dinihari.

“Satu unit rumah warga di Desa Ampalu terbakar dinihari tadi tepatnya pukul 03.10 WIB. Beberapa menit setelah mendapat laporan warga, kami kerahkan 5 unit mobil Damkar,” ungkap Alfian, Kadis Damkar Kota Pariaman.

Lebih lanjut dijelaskannya, rumah yang terbakar tersebut adalah milik Darnis (65). Beruntung saat itu tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil sekitar ratusan juta rupiah.

Kronologi kebakaran diketahui dari saksi yakni salah satu warga. “Salah satu warga melihat api menjalar sekitar atap rumah. Lalu saksi mengabarkan kepada warga lainnya. Pemilik rumah juga terbangun dan warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya,” ulasnya.

Tak berselang lama, kata Alfian lagi, 5 unit mobil damkar, 4 unit dari Pariaman dan 1 unit dari Padang Pariaman sampai di lokasi kebakaran. “Tak butuh lama nyala api berhasil dipadamkan. Lalu berlanjut proses pendinginan beberapa menit,” jelas Alfian.

Dia juga menuturkan, sampai saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

“Namun dugaan sementara kebakaran diakibatkan oleh korsleting arus listrik,” sebutnya.

Alfian mengimbau kepada warga Pariaman agar memperhatikan atau melakukan cek berkala pada arus atau kabel di rumah. Menurutnya kabel yang tidak terpelihara lebih mudah memicu korsleting arus listrik.

“Kebakaran rumah banyak bermula dari korsleting arus listrik,” katanya. (014)