Tak Berkategori  

Dikritik Karena Kongkow Tak Bermasker Pasca Divaksin, Raffi Ahmad Minta Maaf

Raffi Ahmad meminta maaf kepada Presiden dan masyarakat karena tak menerapkan prokes setelah divaksin. (tangkapan layar/rn)

JAKARTA – Artis Raffi Ahmad meminta maaf kepada publik setelah banyaknya kritikan terhadap dirinya. Kritikan tersebut terkait foto yang memperlihatkan dirinya berkumpul dan kongkow tanpa masker, Rabu (14/1) malam.

Dalam foto yang viral di media sosial, Raffi Ahmad terlihat sedang berkumpul dan nampak seperti dalam suasana pesta dengan istri dan teman-temannya. Padahal, paginya ia disuntik vaksin bersama Presiden RI Joko Widodo dan publik figur lainnya.

Kritikan terhadap Raffi tak hanya datang dari masyarakat biasa, rekan sesama artis juga mengkritik sikap suami Nagita Slavina tersebut. Di antaranya, Sherina Munaf dan Ernest Prakasa. Sherina memprotes tindakan Raffi Ahmad keluyuran usai menerima vaksin.

Sherina mengatakan, setelah divaksin bukan berarti keluyuran ramai-ramai. Pemeran ‘Petualangan Sherina’ itu juga mengingatkan Raffi bahwa tujuan pemerintah memilihnya sebagai salah satu penerima vaksin kloter pertama karena ia merupakan tokoh publik yang diharapkan bisa konsisten memberikan contoh baik bagi masyarakat. Bukan hanya memberi contoh untuk mau divaksin, tetapi juga memberi contoh untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Ernest Prakasa juga menuliskan sindiran untuk Raffi Ahmad terkait tindakannya yang dinilai kurang bertanggung jawab tersebut.

“Yup, saya berhasil terlihat tolol. But it’s really not about me. Tindakan Raffi menurut saya keterlaluan & tidak menghargai keistimewaan yang ia dapatkan,” tulis Ernest Prakasa.

Klarifikasi dan Minta Maaf

Terkait kritikan dan protes dari warganet dan rekan sesama artis tersebut, Raffi melalui akun instagramnya @raffinagita1717, Kamis (14/1) siang menuliskan permohonan maaf dan klarifikasi. Menurutnya, atas peristiwa Rabu malam dimana ia terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, ia menyatakan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Jujur, bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya,” kata Raffi dalam videonya.

Foto Raffi Ahmad, istri dan teman-temannya yang sedang berkumpul, Rabu (13/1) malam. (ist/IG)

Raffi menerangkan, lokasi di dalam foto dimaksud bukan di tempat umum, melainkan di rumah ayah salah seorang temannya. Sebelum masuk ke rumah, ia mengaku menggunakan masker dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Hanya saja, saat di foto, kebetulan ia habis makan sehingga membuka masker.

“Namun, apapun itu, saya meminta maaf,” ujarnya.

Ke depan, Raffi berjanji akan lebih mentaati protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Ia juga berharap seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan.

“Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mengingatkan dan saya harap kita terus saling koreksi demi kesehatan kita, orang-orang yang kita sayangi, dan buat Indonesia,” ujarnya lagi.

Permohonan maaf tersebut banyak diapresiasi oleh pengguna internet. Banyak yang respect dan memuji Raffi karena dengan sportif mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Hanya dalam lima jam sesudah diunggah, video permintaan maaf itu sudah hampir tiga juta kali ditayangkan. (rn)