Tak Berkategori  

Dikunjungi Jenderal Mabes TNI AU, Bandara Piobang Segera Diaktifkan

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staff Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, didampingi Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, menyerahkan plakat kepada Walinagari Piobang Syaffan Nur, saat melakukan kunjungan ke daerah itu, Kamis (28/3). (bule)
Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staff Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, didampingi Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, menyerahkan plakat kepada Walinagari Piobang Syaffan Nur, saat melakukan kunjungan ke daerah itu, Kamis (28/3). (bule)

SARILAMAK – Sebagai saksi sejarah perjuangan dan pergerakan pasca proklamasi, keberadaan Bandara Piobang memegang peranan penting. Bandara yang terletak di Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota itu, pernah didarati dua kali oleh pesawat Wakil Presiden Moh. Hatta, ketika itu.

Atas pertimbangan sejarah itulah, Kamis (28/3), Nagari Piobang didatangi Jendral Bintang Dua dari Markas Besar TNI AU. Adalah Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, sekaligus Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staff Angkatan Udara, yang datang bersama Komandan Pangkalan Udara Militer Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, serta sejumlah perwira menengah lainnya dari Mabes TNI AU.

Rombongan mantan Gubernur Akademi Angkatan Udara itu, berkunjung ke Nagari Piobang dalam rangka serangkaian memperingati Hari TNI AU yang ke-73 tahun 2019 dan bakti sosial yang dilakukan oleh TNI AU. Selain itu juga dalam rangka program dari Spotdirga Mabes AU melakukanbakti sosial kepada masyarakat, dengan melibatkan masyarakat, ormas serta petugas kesehatan lainnya.

Kedatangan rombongan prajurit TNI AU itu, disambut Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Walinagari Piobang Syaffan Nur, serta sejumlah kepala OPD lainnya. Dalam sambutannya, Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, mengatakan, kedatangan rombongan ke Piobang merupakan serangkaian dalam memperingati Hari TNI AU yang ke 73 tahun 2019 dan napak tilas sejarah terhadap bandara yang menyokong perjuangan pergerakan Indonesia dan bakti sosial.

“Ada kegiatan karya bakti dan bakti sosial di Piobang ini. Kegiatan seperti ini adalah agenda tahunan dalam rangka Hari TNI AU,” ujar Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat.

Menurut Jendral Bintang Dua itu, antara Piobang dengan TNI AU erat hubungannya. Apalagi dengan adanya asset pemerintah terutama TNI AU di Nagari Piobang ini.

Sementara kegiatan karya bakti dan bakti sosial yang dilakukan itu, meliputi mendirikan enam pos ronda yang tersebar di Nagari Piobang dan satu lapangan bolavoli. Kemudian pembagian sembako kepada 130 orang warga, pengobatan gratisdan lainnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, damalm sambutannya, mengatakan, karya bakti dan bakti sosial TNI AU di Nagari Piobang sangat bermanfaat terhadap masyarakat.

“Terimakasih kepada TNI AU. Mudah-mudahan hubungan masyarakat Piobang dan Limapuluh Kota dengan TNI AU terus berlanjut. Selain itu, kami juga sangat berharap agar bandara Piobang ini bisa diaktifkan kembali,” ucapnya.

Menjawab permintaan Wabup Feriza Ridwan itu, Aspotdirga Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, menyambut baik usulan tersebut. Menurutnya, permintaan untuk mengaktifkan kembali bandara Piobang akan dibawa ke Mabes TNI-AU. (bule)