oleh

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pessel Gelar Ngabuburead

PAINAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar lapak buku bertempat di depan Masjid Akbar Baiturrahman Painan dengan tema Ngabuburead sebelum berbuka.

Dengan memakai istilah Ngabuburead yang merupakan gabungan kata dari ngabuburit (burit) berasal dari bahasa sunda yang artinya menjelang sore atau menjelang adzan magrhib dan read artinya baca.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pesisir Selatan Pessel, Mawardi Roska, kemarin. Lebih lanjut dikatakan, selama bulan Ramadhan Kegiatan Literasi sebelum berbuka akan dilakukan sekaligus meramaikan dan melengkapi Bazar Kuliner (Bakul) Ramadhan dengan tema Colourfull Ramadhan Membentuk Millenial Kreatif.
Mawardi melanjutkan, ini merupakan moment yang menarik bagi masyarakat karena dalam satu kesempatan sambil menunggu waktu berbuka puasa bisa mendengarkan live musik akustik dari

Komunitas Saribu Aka Painan sambil membaca buku. “Berbagai macam buku disuguhkan di dalam mobil Pustaka Keliling dari buku Sastra, Agama, Sosial, Kesenian hingga buku cerita anak-anak,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (18/5) dan Minggu (26/5) selama bulan Ramadhan dari pukul 15.30 WIB sampai adzan maghrib.

Di sisi lain Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pesisir Selatan terus mengajak masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk dapat meluangkan waktu membaca buku. Artinya, keluarga yang peduli membaca tidak bakal tergilas oleh perkembangan zaman, apalagi buku salah satu sumber ilmu yang bisa dipelajari dalam kehidupan. “Dengan menerapkan pola hidup gemar membaca akan dapat mengatasi ketertinggalan dan kemiskinan serta manambah ilmu pengetahuan,” ucapnya. (son/man)

 

Loading...

Berita Terkait