oleh

Dinilai Tim Provinsi, Nagari Cubadak Bertekad Jadi Terbaik di Sumbar

BATUSANGKAR – Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum sebagai nagari berprestasi di Tanah Datar bakal menunjukan keunggulannya di tingkat provinsi.

Nagari tersebut bakal dikunjungi tim penilai lomba nagari prestasi Sumbar tahun 2019 besok, Kamis (13/6).

Walinagari Cubadak, Asrizallis, Rabu (12/6) mengatakan kesiapan dan kesungguhan untuk menyambut tim penilai ini. Ia menyatakan tekadnya untuk bisa menjadi nagari terbaik di Sumbar, sebagaimana yang telah dilakukan dalam program dan kegiatan mengerakan semua pembangunan nagari selama ini.

“Insya Allah apa yang telah kita lakukan selama ini untuk masyarakat akan menjadi catatan khusus dari tim penilai nantinya sehingga Nagari Cubadak mampu bersanding dengan nagari lainnya di Sumbar,” ucap Asrizallis.

Katanya, semua sektor pembangunan yang telah dilaksanakan untuk masyarakat dengan pemberdayaan ekonomi yang saling bersinergi dalam tujuh butir konsep pembangunan lainnya tentu dengan mengutamakan pendidikan dan agama.

Dikatakan, hampir Rp50 miliar produk bruto masyarakat tiap tahunnya mengalir dari hasil pertanian dan peternakan serta sektor lainnya yang digarap masyarakat di Jorong Cubadak dan Jorong Supanjang.

Menurutnya, membaiknya ekonomi masyarakat membuat menurunnya angka kemiskinan karena peningkatan hasil pertanian dengan pemberdayaan kuat pada kelompok tani dan perternak, serta kelompok saha kecil dan menengah yang bertumbuhan.

“Belum dua tahun sejak dilantik upaya dan kerja keras agar nagari ini lebih baik untuk bangkit dengan menggamit seluruh lapisan masyarakat,” ucap Wali Nagari yang memimpin di nagari sekuas 317 hektare persegi dengan penduduk 3.288 jiwa ini.

Saat ini pihaknya tengah merancang pembangunan destinasi wisata embung Tabek Ganggam. Di sana nanti akan menjadi sarana perikanan dan renang, yang dilengkapi pasar nagari termasuk sarana pendidikan belajar di alam terbuka. (yus)

News Feed