Tak Berkategori  

Dinkes Sawahlunto Temukan Boraks di Pasa Pabukoan

SAWAHLUNTO – Dinas Kesehatan dan Sosial Sawahlunto, mendeteksi menu makanan yang mengandung zat berbahaya, boraks, di salah satu pedagang makanan pasar pabukoan selama Ramadhan tahun ini.

Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Kesehatan Sawahlunto, Sunita di Sawahlunto, Sabtu (4/7) mengatakan, zat berbahaya tersebut ditemukan pihaknya pada salah satu minuman rumput laut yang dijual di kawasan Pasar Talawi.

“Penggunaan senyawa kimia berbahaya itu terungkap dalam penelusuran tim kami ketika melakukan pengawasan di pasar Pabukuoan yang ada,” kata dia.

Menurutnya, sesaat setelah terdeteksi pihaknya langsung melakukan langkah antisipasi dengan melakukan penarikan kembali dari peredaran serta menyita minuman tersebut.

Langkah tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk memutuskan rantai peredarannya sehingga dampak gangguan yang ditimbulkan tidak meluas di tingkat konsumen.

“Pedagang minuman tersebut sudah kami identifikasi dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, guna memastikan penggunaan zat tersebut disengaja atau tidak,” ujar dia. (*/lek)

Sumber:antara