oleh

Dinkes Solok Selatan Siapkan Obat Atasi Caleg Kalah

PADANG ARO- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Solok Selatan menyediakan obat-obatan guna mengatasi permasalahan psikologis untuk caleg yang kalah pada Pemilu 2019.

“Obat-obatan untuk caleg yang mengalami gangguan psikologis pasca Pemilu sudah tersedia dan tenaga kesehatan juga siap melakukan tindakan yang mungkin terjadi”, kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, dr. H. Novirman, Minggu (21/4).

Dia mengatakan, penyediaan tenaga kesehatan dan obat-obatan psikologis ini menyikapi surat dari Polres Solsel bernomor B/273/IV/2019, perihal, mohon kerjasama dalam menyiapkan tenga Psikologi dan obat-obatan kejiwaan di pusat-pusat kesehatan se-Solok Selatan.

Maka, sesuai surat Polres Solok Selatan bahwa calon legislatif (caleg) yang saat ini sedang berjuang untuk menempati kursi khususnya di DPRD Solok Selatan lebih dari 300 orang sedangkan yang akan menduduki kursi hanya 25 orang.

Hal ini dikhawatirkan ada caleg yang nantinya tidak menerima hasil pemungutan suara atau tidak terpilih yang berimbas pada terganggunya pikiran.

Ia menyebutkan, untuk dokter psikologi memang tidak ada tetapi petugas psikologi ada dan dibantu oleh dokter umum serta dokter spesialis penyakit dalam.

Petugas kesehatan katanya, bisa langsung merujuk pasien tersebut ke rumah sakit yang dapat mengatasi permasalahan kejiwaan tersebut.

Dia menambahkan, semua orang sudah memiliki bibit gangguan pemikiran dan itu bisa muncul berawal dari stres.

Oleh sebab itu katanya, caleg yang tidak terpilih tidak boleh diprovokasi atau disalahkan tetapi tetap dimotivasi. (af)

Berita Terkait