oleh

Dinsos Padang Bekali Anak Jalanan Merancang Bunga Papan

PADANG – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial Kota Padang kembali memberikan pelatihan bunga papan pada anak jalanan. Dengan pelatihan tersebut diharapkan anak-anak itu dapat hidup mandiri tanpa harus turun ke jalan.

Sebelumnya, langkah yang sama juga dilakukan Pemko Padang pada tahun 2018. Kegiatan itu agar tidak kembali ke jalan, Pemko Padang melalui Dinas Sosial melatih anak jalanan keterampilan merangkai bunga papan.

“Kita akan terus memberikan mereka keterampilan, terutama dengan keterampilan yang dibutuhkan saat ini,”sebut Sekretaris Dinas Sosial Kota Padang Yoserizal, Senin (14/10) di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) di Balai Gadang, Koto Tangah.

Dikatakannya, anak jalanan yang diberikan pelatihan tersebut adalah anak-anak yang sebelumnya dijangkau Dinas Sosial bersama Satpol PP Kota Padang. Kemudian diberikan rehabilitasi selama satu bulan.

“Kita mau mereka produktif. Jika kita biarkan, justru akan menjadi bencana sosial. Karena anak jalanan adalah tanggungjawab negara, kita harus keluarkan mereka dari sana. Kita bina,” ulasnya.

Menurutnya, setelah pelatihan, peserta nantihya diharapkan mereka juga bisa bekerjasama dengan orang lain. Setidaknya dengan keterampilan itu mereka dapat berpenghasilan. “Kita memilih keterampilan merangkai bunga papan ini, karena pasarnya sangat besar saat ini,”ulasnya.

Anak jalanan yang mendapatkan pelatihan tersebut rata-rata berumur dibawah 18 tahun. Mereka dijangkau di jalanan dengan berbagai aktifitas, seperti menjadi pengemis, pengamen dan penghisap lem. Pelatihan berlangsung dari tanggal 10 sampai 14 Oktober 2019. (yose)

Loading...

Berita Terkait