Tak Berkategori  

Diperbaiki, Tidak Semua Jalan Nasional di Sumbar Mulus Saat Lebaran

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
PADANG – Dari sepanjang 1.448 kilometer jalan nasional di Sumbar, tidak semuanya dalam kondisi mulus. Untuk itu, pengendara diminta untuk hati-hati pada titik tertentu pada lebaran 1438 H.
“Kami akui, tidak semua jalan nasional di Sumbar yang mulus. Namun, kami dapat pastikan jalan tersebut sudah fungsional. Karena semua berada dalam pengawasan kita,” kata Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional III Sumbar-Bengkulu, KGS Syaiful Anwar,  Kamis (16/6), di Padang.
Dikatakannya, ruas jalan yang perlu menjadi perhatian adalah, dari Lubuk Selasih-Batas Jambi. Jalan tersebut baru saja dua tahun diserahkan provinsi menjadi jalan nasional. Sehingga membutuhkan penanganan yang berkelanjutan.
Meski begitu, tahun ini BPJN III memilik dua paket pengerjaan di ruas ini. Diperkirakan dapat dapat selesai, pada Desember. Sehingga pada lebaran kali ini belum ditangani maksimal.
Kemudian ruas Dhramasraya-Sijunjung, tepatnya KM 148. Lalu jalan nasional menghubungkan Padang dengan batas Bengkulu.
Agar masyarakat tidak terganggu dalam lebaran, pada titik ini BPJN III berupaya untuk memaksimalkan badan jalan yang ada, dengan pengerasan. Seperti paket Kabang-Inderapura, paket ini pengerjaan sepanjang 55 Km yang baru diaspal sepanjang 11 Km. Kemudian untuk paket Inderapura-Tapan sepanjang 19 Km, yang sudah diaspal 15 Km.
Menjadi perhatian bagi BPJN III termasuk ruas Padang-Bukittinggi. Ruas ini selalu menjadi langganan macet pada titik Koto Baru dan Padang Lua ketika lebaran. Meski begitu BPJN hanya berkoordinasi dengan Dinas PU, Dinas Perhubungan dan kepolisian untuk mengatasi macet.
Demi menjaga kelancaran mudik nanti, BPJN III juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari Satker dan bahkan Kepala Balai yang siap untuk menampung semua permasalahan di jalan selama mudik Lebaran nanti.
“Bahkan kalau ada yang ingin yang ingin menyampaikan keluhannya kepada kami bisa mengontak langsung nomor saya di 0812 719 8899. Atau ke nomor 0813 63444 835 atas nama Syafrizal,” ujarnya. (yose)