Diresmikan Jokowi Tol Padang Pariaman Pekanbaru, Bukan Padang -Pekanbaru

Presiden Jokowi saat meresmikan tol Padang Pariaman – Pekanbaru. (*)

PADANG – Ruas jalan tol yang menghubungkan Sumbar dengan Riau resmi bernama tol Padang Pariaman Pariaman-Pekanbaru berubah dari sebelumnya yang disebut tol Padang-Pekanbaru. Perubahan tersebut sudah disampaikan Pemprov Sumbar pada pemerintah pusat.

“Soal penamaan itu memang sudah kita sampaikan pada pemerintah pusat. Pada prinsipnya pusat setuju tol itu disebut Padang Pariaman-Pekanbaru,” sebut Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (13/2/20180.

Dikatakannya, perubahan tersebut bermula dari keberatan sejumlah tokoh masyarakat di Padang Pariaman yang memprotes ke Pemprov Sumbar tentang nama tol yang diresmikan pembangunan awal oleh Presiden Joko Widodo.

“Dulu sebelum Presiden Joko Widodo tiba di lokasi ground breaking tol di Sicicin, kami dari Pemprov Sumbar didatangi sejumlah tokoh masyarakat, yang memprotes tentang nama tol,” katanya kemarin.

Persoalan yang disampaikan tokoh masyarakat itu, karena pemerintah menyebutkan tol Padang – Pekanbaru. Padahal di titik nol kilometer tol berada di kawasan Padang Pariaman, dan bukan di Padang.

Sehingga tokoh masyarakat menuntut agar tidak menyebutkan tol itu sebagai tol Padang – Pekanbaru, tapi Padang Pariaman – Pekanbaru.

“Jadi setelah mendengarkan aspirasi dari sejumlah tokoh masyarakat itu. Saya langsung menemui pemerintah pusat. Akhirnya mereka memahami, dan tol itu disebut tol Padang Pariaman – Pekanbaru,” ucapnya. (yose)