Tak Berkategori  

DKK Padang Siapkan Plasma Darah Penyitas Covid-19

Fery Mulyani

PADANG – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang akan mengumpulkan seluruh penyintas Covid-19 di Padang untuk diambil sampel darahnya, sebagai obat untuk penderita Covid-19.

Wacana pengumpulan kelompok ini telah dibicarakan kepada seluruh penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan darahnya sebagai obat bagi penderita Covid-19.

“Ini kita telah bicarakan kepada seluruh penyintas Covid-19. Plasma darah dari penyintas Covid-19 ini, merupakan obat yang ampuh bagi penderita Covid-19,” kata Kepala DKK Padang, Ferimulyani, kepada Singgalang, Rabu (13/1).

Ferimulyani mengatakan, ‎untuk pemisah darah ini alatnya sudah ada di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang. Dengan begitu, tinggal lagi kemauan dari penyintas Covid-19 dan bersedia mendonorkan darahnya untuk penderita Covid-19.

“Alatnya sudah ada di RSUP M. Djamil, tinggal‎ lagi kemauan dari penyintas Covid-19. Kita tidak memaksa mereka, kembali kepada penyintas Covid-19,” ujar Ferimulyani.

Dikatakan, setelah dikumpulkan komunitas kelompok penyintas Covid-19 ini, pihaknya baru merealisasikan wacana pengobatan plasma darah dari penyintas Covid-19 ini.

“Tinggal lagi pengelompokan dari komunitas penyintas Covid-19. Mudah-mudahan mereka bersedia mendonorkan darahnya untuk pengobatan bagi penderita Covid-19,” katanya.

Terakhir Ferimulyani mengatakan, meski sudah ada vaksin Covid-19, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Padang untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama beraktifitas di luar rumah.

“Seperti memakai masker, men‎cuci tangan, dan menjaga jarak. Dengan menerapkan protokol kesehatan, sedikitnya bisa mencegah penularan Covid-19,” tutupnya. (deri)