oleh

DKP Sumbar Terus Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Kepala DKP Sumbar Yosmeri. (*)
Kepala DKP Sumbar Yosmeri. (*)

PADANG – Pemerintah provinsi, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

“Ikan bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ikan sehari-hari, kita akan mendapat tiga keuntungan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri, pada Singgalang, Selasa (4/6).

Tiga keuntungan makan ikana, pertama, untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari bermacam penyakit.
Kedua, Asam lemak tak jenuh,termasuk omega-3 yang terkandung dalam ikan, sangat membantu perkembangan sel otak, yang dapat meningkatkan kecerdasan (IQ) manusia.

Ketiga, kandungan mineral, vitamin dan zat hara yang tinggi dalam ikan juga dapat meningkatkan vitalitas pengkonsumsinya.
Karena itu, kata Yosmeri, wajar kalau bangsa Eskimo di Greenland, hampir tidak pernah terkena serangan jantung.

Sebab hampir seluruh dietnya berasal dari ikan. Sedangkan bangsa Jepang yang mengkonsumsi ikan rata-rata 120 kg/ orang/tahun merupakan bangsa dengan kualitas kesehatan serta kecerdasan tertinggi di dunia. Kemudian tingkat konsumsi ikan di Hongkong 80 kg/kapita/tahun, Taiwawn 65 kg/kapita/tahun. Malaysia 54 ke/kapita/tahun dan Filiphina 40 kg/kapita/tahun. Sedangkan tingkat konsumsi ikan di Sumbar rata-rata 36,08 kg/kapita/tahun. (yuke)

Loading...

Berita Terkait