Tak Berkategori  

DPD tak akan Usulkan Dana Aspirasi

Irman Gusman. (*)
Irman Gusman. (*)

JAKARTA -Ketua DPD Irman Gusman menegaskan pihaknya tidak akan mengusulkan dana aspirasi untuk memprioritaskan pembangunan di daerah pemilihannnya.

“Anggota DPD RI tidak akan mengusulkan untuk mendapat dana aspirasi,” katanya di Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Jumat (12/6).

Hal itu dikatakan Irman menanggapi usulan anggota DPR untuk mendapat dana aspirasi sebesar Rp20 miliar per anggota per tahun untuk prioritas pembangunan di daerah pemilihannya.

Sebagai lembaga legislatif, menurut Irman, tugas utama DPD di bidang anggaran adalah menyetujui anggaran untuk eksekutif dan kemudian melakukan pengawasan pada program kerja yang dilakukan eksekutif.

“Tugas seperti ini adalah juga tugas DPR,” katanya.

Sebagai lembaga legislatif yang melakukan pengawasan terhadap eksekutif, kata Irman, DPD bukan tempatnya untuk mengusulkan dana aspirasi bagi anggotanya.

Irman menegaskan, kalau DPD sampai mengusulkan dana aspirasi bagi anggotanya, hal itu tidak sesuai dengan tugas utamanya.
Menurut dia, sikap DPD dalam hal ini adalah melakukan pengawasan kepada pemerintah daerah di seluruh daerah di Indonesia agar melaksanakan pembangun dengan benar. (*/lek)
Sumber: antara