ekonomi

DPRD Agam Dukung Penanaman Pohon Kaliandra oleh PT Semen Padang

×

DPRD Agam Dukung Penanaman Pohon Kaliandra oleh PT Semen Padang

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua DPRD Agam Irfan Amran saat mendampingi Komisi II DPRD Agam berkunjung ke PT Semen Padang, Selasa (4/10/2022).ist

PADANG – DPRD Kabupaten Agam mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mendorong para petani di Agam untuk melakukan penanaman pohon kaliandra. Karena, kaliandra memiliki manfaat yang sangat banyak.

“Pohon kaliandra bisa dijadikan wood pellet dan daunnya untuk pakan ternak. Makanya, kami apresiasi,” kata Wakil Ketua DPRD Agam Irfan Amran saat mendampingi Komisi II DPRD Agam berkunjung ke PT Semen Padang, Selasa (4/10/2022).

Kunjungan Komisi II DPRD Agam itu disambut Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin di ruang rapat lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang. Selain Irwan Amran, juga hadir Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman dan Marga Indra Putra.

Sedangkan dari Komisi II DPRD Agam, hadir Zulpardi (Ketua), Alhamdi Arif (Wakil Ketua) dan Syafril, SE, Dt.Rajo Api (Sekretaris), beberapa anggota Komisi II, serta Sekretaris DPRD Agam Villa Erdi dan sejumlah staf Sekretariat DPRD Agam.

DPRD Agam, sebut Irfan, siap mensosialisasikan manfaat kaliandra kepada petani di Agam, terutama yang berada di areal hutan kemasyarakatan atau perhutanan sosial. Sebab, lahan perhutanan sosial memungkinkan sekali untuk ditanami kaliandra.

Baca Juga:  Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 11,6 Persen Selama Naru 

“Selain di kawasan perhutanan sosial, kaliandra ini juga bisa ditanam di areal perkebunan sawit. Dan kaliandra ini juga bisa memusnahkan gulma. Makanya, kami siap untuk mensosialisasikannya ke petani,” ujar Irfan.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Komisi II DPRD Agam, Syafril, SE, Dt.Rajo Api. Kata dia, jika penanaman kaliandra dilakukan secara masif, maka sudah dipastikan kaliandra ini dapat meningkatkan ekonomi petani.

“Jadi, kami akan dorong bagaimana petani di Agam bisa menanam pohon kaliandra. Apalagi, PT Semen Padang juga siap mensuplai bibitnya secara gratis. Dan, PT Semen Padang juga berkomitmen untuk menampung pohon kalindra yang sudah dipanen,” katanya.

“Menanam kaliandra juga membuat tanah menjadi subur. Masa panen kaliandra ini tidak lama. 1 tahun sudah bisa panen dan setelah panen perdana, bisa dipanen per 3 bulan. Artinya bisa 4 tahun. Jadi, kalau ditanam secara masif pohon kaliandra ini, maka akan memberikan manfaat ekonomi bagi petani,” ujarnya.