Tak Berkategori  

Dua Bangunan Kedai di Depan Istano Pagaruyung Terbakar

Petugas memadamkan api yang menghanguskan dua kedai di depan Istano Pagaruyung. (ist)

BATUSANGKAR – Dua unit bangunan kedai yang juga tempat tinggal di samping Istano Basa Pagaruyung ludes terbakar dalam peristiwa sekira pukul 11.35, Jumat (15/10).

Warga dan petugas kebakaran Pemkab Tanah Datar harus susah payah mematikan dan melokalisir api pada bangunan kedai kayu tersebut hingga dua jam kemudian.

Peristiwa di Jorong Balai Janggo Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Jumat (15/10), membuat seluruh bangunan kedai berukuran 300 meter persegi dan 45 meter persegi beserta barang-barang di dalamnya hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas tersebut. Namun, pemilik kedai dan rumah Elfrinelsi (48 tahun), sehari-hari bekerja sebagai pedagang, menderita kerugian materil sekitar Rp300 juta. Sementara, satu kedai lainnya dalam keadaan kosong menderita kerugian sekitar Rp50 juta.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, Yusnen di lokasi menyebut, sebanyak 30 personel dengan empat armada mobil pemadam dari Posko Batusangkar dibantu dari Posko Salimpaung diturunkan sehingga tidak terlalu sulit mengendalikan amukan api.

Katanya, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Namun, dugaan sementara dari korsleting listrik.

“Saat musim panas ini, kita mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap api berasal dari listrik, kompor, obat nyamuk bakar dan lainnya yang dapat menimbulkan bencana kebakaran,” timpalnya. (ydi)