Tak Berkategori  

Dua Kelurahan di Pekanbaru Masih Zona Kuning

PEKANBARU – Walaupun Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Pekanbaru semakin melandai, namun warga tetap diminta waspada dan disiplin pada protokol kesehatan, mengingat wilayah itu masih menyisakan dua kelurahan yang tergolong zona kuning atau tingkat risiko penularan rendah.

“Pekan ini masih ada dua kelurahan Pekanbaru di zona kuning atau dengan tingkat risiko rendah,” kata Kepala Dinkes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (11/1).

Dikatakan dia, trennya menurun dibandingkan sepekan lalu. Dimana data Dinas Kesehatan Tanggal 9 Januari, dari 83 kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru sebanyak 81 sudah berada pada zona hijau.

“Dua kelurahan yang berada di zona kuning adalahJadirejo dan Sri Meranti,” katanya.

Dikatakan dia dibandingkan data sepekan lalu, dari 83 kelurahan ada 77 kelurahan yang berada di zona hijau sisanya enam kelurahan lainnya berada pada zona kuning. “Artinya kasus semakin melandai, namun masyarakat diminta tidak boleh senang dulu dan kendor pada prokes,” katanya.

Lanjutnya, pemetaan berdasarkan kecamatan, saat ini dari 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru, delapan kecamatan diantaranya masuk zona hijau. Lalu tujuh kecamatan lainnya berada pada zona kuning.

Tujuh kecamatan zona kuning ini adalah, Kecamatan Bina Widya, Marpoyan Damai, Rumbai, Senapelan, Sukajadi, Tenayan Raya, dan Tuah Madani.

Kalau dibandingkan pada pekan lalu, hanya ada lima kecamatan yang berada di zona hijau. Sementara 10 kecamatan lainnya berada di zona kuning dan zona hijau.

Dia meminta, di tengah mulai normalnya semua aktifitas baik kegiatan ekonomi maupun pembelajaran, warga harus tetap menerapkan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi.

“Mari tetap waspada jaga keluarga kita dan disiplin pada prokes,” pungkasnya. (rahmat)