Tak Berkategori  

Dua Rumah Milik Ninik Mamak Nagari Bawan Diduga Dibakar OTK

Kebakaran di Bawan, Agam. (ist)

LUBUK BASUNG – Dua rumah milik ninik mamak Nagari Bawan IV Nagari terbakar dalam waktu bersamaan. Kuat dugaan kedua rumah itu sengaja dibakar.

Kedua rumah itu adalah milik Aprianto Dt. Tan Majalelo (59) di Sago Nagari Manggopoh dan rumah H.Khaidir Dt.Palimo (60) di Mato Aia jorong Surabayo. Aprianto adalah Kepala SMP 1 Lubuk Basung. Sedangkan H. Khaidir adalah pensiunan ASN Agam. Keduanya adalah ninik mamak Nagari Bawan.

“Saya bersyukur karena jiwa kami selamat. Sebab, waktu api menjilat ruang tam,u isteri terbangun dan langsung membangunkan saya,” katanya.

Malam itu, di rumah Aprianto ada empat anggota keluarga, selain dia, isteri anaknya serta mertua. ” Kami tidur di kamar yang berbeda, Alhamdilillah semua selamat” ujar Aprianto.

Menurut Aprianto, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari. Saat terbangun, Aprianto melihat api sudah menjilati gorden ruang tamu. ” Saya segera mamadamkan api. Damkar saya telepon tak ada yang angkat, namun Alhamdulillah kami bisa mamadamkan api,” kata Aprianto.

Aprianto segera menyelamatkan mobilnya. “Mobil saya bisa diselamatkan. Sedang sebagian ruang tamu terbakar,” ujarnya.

Aprianto menduga itu sengaja dibakar orang tak dikenal. “Barang bukti ada, antara lain bom molotov dan sebo milik pelaku,” katanya.

Pada waktu bersamaan, di Mato Aia Surabayo yang terletak sekitar 10 kolometer dari Sago, rumah Khaidir juga terbakar termasuk sebuah mobil minibus . Kedua peristiwa ini sedang diselidiki oleh jajaran Polres Agam. (M.Khudri)