padang  

Dukung Net Zero Emission, PLN Siapkan Program Pemanfaatan Biomassa untuk Co-firing

Pemanfaatan biomassa untuk co-firing sebagai bentuk dukungan PLN dalam program pemerintah menuju net zero emission (NZE) pada 2060. (ist)

PADANG – Tahun 2023 merupakan awal bagi PLN UPK Teluk Sirih untuk melaksanakan program co-firing yang berupa pellet BBJP (bahan bakar jumputan padat). BBJP atau disebut juga RDF/SRF (Solid Recovered Fuel) merupakan bahan bakar yang berasal dari limbah (sampah) yang telah melalui proses pemilahan dan homogenisasi yang menjadi ukuran butiran kecil atau dibentuk menjadi pellet yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Hal tersebut disampaikan melalui kunjugan kerja Manager PLN UPK Teluk Sirih kepada pimpinan salah satu Bank Sampah Unit Andalas Sepakat di Kota Padang. Manager PLN UPK Teluk Sirih, Feri Setiawan Efendi, menyampaikan di tahun 2023 merupakan awal bagi PLN UPK Teluk Sirih untuk melaksanakan program co-firing yang berupa pellet BBJP (bahan bakar jumputan padat). (18/11)

Feri menyampaikan, program ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan pusat-pusat ekonomi daerah dan sejalan dengan upaya untuk melakukan reduce, reuse, recycle, serta recover energy dari sampah.

“Harapan kami bank sampah unit andalas ini dapat ikut bergabung dalam pelaksanaan implementasi bbjp ini, karena program ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan pusat-pusat ekonomi daerah dan sejalan dengan upaya untuk melakukan reduce, reuse, recycle, serta recover energi dari sampah,” tutur Feri.

Bank sampah ini menargetkan 80% dari masyarakat kelurahan Andalas ikut bergabung menjadi nasabah bank sampah dan turun aktif dalam menjalankan proses pengelolaan sampah guna menjadikan sampah lebih bermanfaat.

Tujuan program ini salah satu dapat dimanfaatkan untuk feedstock dan mendukung upaya meningkatkan porsi EBT dalam total baruan energi nasional, selain itu mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemerdayaan masyarakat dan mendukung upaya pemerintah dalam komitmen mitigasi perubahan iklim, tersedianya alternative energy bersih yang terjangkau.

Upaya ini juga wujud komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam program penurunan emisi, PLN melibatkan juga Pemerintah Daerah dan masyarakat local sehingga tercipta shared value yang akan bermanfaat bagi perekonomian daerah.

PLN UPK Teluk Sirih berharap kedepannya bisa bekerja sama dengan bank sampah yang ada di kota Padang untuk implementasi BBJP Plant PLTU Teluk Sirih. (rn/*)