Tak Berkategori  

Eksekusi Proyek Harus Dimulai Semester II

JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengingatkan kementerian dan lembaga teknis untuk mempercepat eksekusi semua proyek pembangunan terutama untuk pembangunan infrastruktur di awal semester II 2015.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Achir Chaniago di Jakarta, Jumat, mengatakan kementerian dan lembaga sudah harus menyelesaikan masalah administrasi proyek hingga proses lelang sampai Juni 2015 atau penghujung semester I 2015.

“Semester II Insya Allah akan melonjak karena seharusnya sudah selesai masalah-masalah adminstrasi, pengumuman, lelang. Tinggal eksekusi,” kata dia.

Berkaca dari triwulan I 2015, lambatnya penyerapan belanja modal telah berimbas pada perlambatan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang hanya tumbuh 4,71 persen. Perlambatan ekonomi pada triwulan I juga ditandai lesunya konsumsi rumah tangga dan swasta yang diperkirakan karena minimnya stimulus dari belanja pemerintah.

Andrinof mengingatkan kontribusi belanja modal untuk pembangunan infrastruktur akan sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini.

Belanja untuk pembangunan infrastruktur 2015 dianggarkan sebesar Rp290,3 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015. (*/lek)

Sumber: antara