Eksplorasi Banyuwangi Naik Garuda Indonesia

×

Eksplorasi Banyuwangi Naik Garuda Indonesia

Sebarkan artikel ini
Gunung Ijen adalah tempat yang perlu dikunjungi saat berlibur ke Banyuwangi. (*)

Gunung Ijen adalah tempat pertama yang bisa perlu kamu kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi. Alasannya karena di sini kamu bisa melihat api berwarna biru menyala. Bukan api dari kompor gas, ini adalah api alami yang berasal dari danau kawah ijen. Kamu hanya bisa melihat api biru ini menyala sekitar pukul 02.00—04.00 pagi. Menuju ke sini, kamu bisa naik ojek atau menumpang truk pengangkut belerang. Dijamin liburan kamu akan sangat berkesan karena api biru seperti ini hanya ada 2 di dunia, satu lagi di Islandia. Keren!

Pantai Teluk Hijau

Pantai ini sering dijuluki surga di Banyuwangi. Selain karena mitos bahwa dahulu bidadari senang mandi di air terjun di dekat pantai, pantai ini memang memiliki hamparan pasir putih yang berpadu cantik dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. Sangat indah. Lokasinya berada di Taman Nasional Meru Betiri, 90 km dari Kota Banyuwangi. Pantai Teluk Hijau menyimpan alga yang hidup di bawah laut yang menyebabkan warna airnya menjadi kehijauan, bukannya biru. Namun, untuk menuju ke sini, kamu perlu perjuangan ekstra karena lokasinya yang memang tersembunyi di balik bukit karang. Kalau dari Pantai Batu, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 15 menit saja untuk mencapai pantai ini. Kapan lagi bisa berjemur di pantai dengan pasir yang lembut, lalu berenang di air yang hijau, setelah itu mandi di air terjun yang tingginya 8 meter! Wow!

Taman Nasional Baluran

Sama seperti Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran juga terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Menjelajah Baluran rasanya tidak cukup dalam sehari karena Baluran memiliki area seluas 25.000 Ha. Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang ada di kawasan taman nasional ini, yaitu Gunung Baluran. Di taman nasional ini kamu bisa menemukan hamparan sabana, hutan bakau, sampai hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Memang kawasan ini dikenal sebagai Little Africa atau Afrika dari Jawa. Kalau kamu ke sini saat liburan ke Banyuwangi, kamu bisa sekaligus merasakan sensasi jalan-jalan seperti di acara Nat Geo Wild. Jangan lupa pakai baju seperti mau bersafari.(*)