oleh

Empat Toko di Pasar Raya Padang Terbakar

PADANG – Empat petak toko di lantai I Blok I Pasar Raya Padang, hangus dilalap api, Senin (4/11) sekitar pukul 00.45 WIB. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun, diduga api berasal dari salah satu kios yang terbakar. Melihat api mulai membesar, pedagang maupun warga setempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Usaha warga dan pedagang sia-sia, sebab api terus membesar dan membakar kios lainnya. Salah seorang warga yang mengetahui kejadian tersebut, langsung melaporkan kepada petugas pemadam kebakaran.

“Untung kami cepat mengetahui kebakaran terjadi. Kalau tidak, seluruh kios yang ada di sana, mungkin habis dilalap api,” kata Kabid Damkar Padang, Basril.

Basril mengatakan, untuk memadamkan api, pihaknya, menurunkan tujuh armada kebakaran dengan 150 personel. Setiba di sana, petugas langsung memadamkan api yang sudah menyebar ke sekitar toko.

“Api berhasil dipadamkan selama satu jam. Kami langsung melakukan pendinginan, guna mencegah adanya api susulan,” ujar Basril.

Dikatakan, saat memadamkan api, pihaknya tidak ada mendapatkan kendala. Apabila, petugas datang terlambat ke lokasi kejadian, kemungkinan, seluruh kios ataupun petak yang ada di Blok I akan hangus terbakar.

“Untung cepat kita mengetahui, kalau tidak semuanya sudah habis terbakar,” katanya.

Terakhir Basril mengatakan, untuk penyebab kebakaran, pihaknya belum bisa memastikan ataupun menduga. Sebab, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran tersebut.

“Biarlah rekan kepolisian yang melakukan penyelidikan, kita hanya memadamkan api saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Padang Barat, AKP Firdaus, mengatakan, empat petak toko yang terbakar itu, dua diantaranya toko P&D Muda Setia dan dua petak toko kosong.

“Penyebab kebakaran kita masih melakukan penyelidikan. Jadi belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran. Untuk kerugian, ditaksir mencapai Rp200 juta,” tutupnya. (deri)

 

Loading...

Berita Terkait