oleh

Erick Tohir Tegaskan Tol Sumatera Sangat Penting

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Tohir memastikan proyek jalan tol Sumatera jalan terus. Sementara anggota DPR-RI Andre Rosiade ia akan bekerja keras membantu pemerintah untuk proyek tersebut.

Erick menyebutkan hal itu dalam pertemuan dengan para Pemred ibukota plus Pemred Singgalang di Jakarta, Kamis (9/1).

Erick bicara era baru di Kementerian BUMN, termasuk peningkatan kinerja direksi dan komisaris. BUMN menurut dia, harus sehat, karena perlu bagi rakyat dan negara

Saat ini ada 29 BUMN Karya yang go public dengan kontribusi 24 persen di market. BUMN Karya itu ditugasi membuat tol. Bisnis tol, kata dia, jika ditekui, maka akan bertemu daging tambahan yang empuk dan itu adalah uang. “Misalnya rest area, pemasangan baliho dan bentuk lainnya,” kata Erick.

Ia menyebut bisa jadi dalam waktu dekat Amerika akan masuk tol di Indonesia. Selama ini tak ada negara tersebut ikut proyek tersebut. Amerika yang masuk uangnya, dan itu kecil bagi mereka. Itu pun kalau jadi. Jalan tolnya tetap di sini, tak akan dibawa ke Amerika sana.  Lakek tangan Amerika, menurut catatan Singgalang, bisa dilihat pada jalan Medan-Banda Aceh yang dibuat negara itu usai tsunami tahun pada 2004. Mutunya amat bagus.

Di Sumatera akan dibangun 2.800 Km jalan tol dan baru jadi 700 Km. “Mestinya tak ada masalah jika manajemen BUMN Karya itu frudence,” katanya.

Sementara itu anggota DPR-RI Andre Rosiade mengatakan tol Sumatera adalah hak masyarakat Sumatera. “Bukan hanya Jawa yang berhak,” katanya.

Untuk tol Sumbar, Andre sudah bicaradengan PT Hutama Karya. “Saat ini urusan tanah sudah selesai, harga cocok, tinggal pembebasan, terkendala sedikit dengan kepolisian, saya dan Dirut Hutama Karya akan bertemu dengan Kapolda Sumbar baru,” katanya.

Untuk Padang-Sicincin katanya sudah tersedia dana sejak 2 tahun lalu Rp2 triliun.” Dana itu sudah tidur selama dua tahun, saya bingung juga gubernur diam saja, urus dong, uang kan sudah ada, ” kata dia.

Tol Trans Sumatera sepanjang 2.818 km menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera, dari Lampung hingga Aceh. Rencana ini dimulai 20 Februari 2012, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengadakan pertemuan dengan para gubernur se-Sumatra di Griya Agung, Palembang, Sumatra Selatan. Pertemuan ini membahas percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera.

PT Hutama Karya (Persero) menampilkan kemajuan jalan Tol Trans Sumatera pada Pameran Hari Nusantara 2019, khususnya pada seksi Padang-Sicincin, sepanjang 30,4 kilometer ini merupakan bagian dari Ruas Tol yang akan menghubungkan Sumatera Barat dan Riau yaitu ruas Pekanbaru – Padang sepanjang 254,80 kilometer. Proyek tol ini juga telah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat Sumatera Barat.

Saat ini pekerja sudah sibuk membangun mulut tol dikawasan By Pass dekat PIP. Truk-truk bermuatan batu spolit sudah berjejer di By Pass. Selain itu, jalur By Pass bagian tegah di dekat mulut tol sudah didinding dengan seng guna keperluan pembangunan jalan tol tersebut. (kj)

Loading...

Berita Terkait