Tak Berkategori  

Etape 1 TdS Tempuh Jarak 96,5 Km

Pebalap sepeda beradu kecepatan saat Tour De Singkarak Etape Ketujuh di Pasaman Barat, Jumat (9/10) (antara foto)

PADANG – Etape I Tour de Singkarak (TdS) 2016, diperkirakan menempuh jalur sepanjang 96,5 km dari Dermaga Danau Singkarak menuju Ngalau Indah di Payakumbuh. Dari pantauan Singgalang, Rabu (4/5), di sepanjang rute ini kondisinya melewati banyaknya jalanan turunan, tanjakan dan kelokan.

Selain itu, juga melewati tiga pasar yang cukup ramai pengunjungnya yaitu Pasar Batusangkar, Pasar Baso dan Pasar Ibuh di Payakumbuh. Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Didit P. Santoso mengatakan, dengan dilewatinya kawasan pasar yang merupakan pusat keramaian tersebut, diharapkan bisa menarik lebih banyak masyarakat untuk menyaksikan iven ini.

“Dengan banyaknya masyarakat yang menyaksikan, maka adrenalin pebalap meningkat. Inilah daya tarik iven ini,” ujar Didit saat berada di garis finis etape I di Ngalau Indah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Syahnadel Khairi, menyatakan kesiapan Pemko Payakumbuh menjadi lokasi finis etape I. “Nanti kita akan menampilkan beragam seni budaya, termasuk ada pacu itik. Kemudian para peserta TdS akan diberikan sovenir,” tukas Syahnadel.

Usai survei etape I, tim melanjutkan survei etape II yang diperkirakan menempuh rute sepanjang 119,5 km. Etape II ini dimulai dari star di Lembah Harau di Limapuluh Kota melewati Kelok Sembilan, lanjut ke Payakumbuh dan finis di Istano Basa Pagaruyung.(yuki)