oleh

Fahri Hamzah Katakan Perppu Cegah ISIS Berlebihan

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan terlalu berlebihan usulan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdjiatno yang mengusulkan agar Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu cegah ISIS di Indonesia.

“Permasalahan utama dari pemberantasan paham ekstrem yang utama adalah memperbaiki kesejahteraan rakyat,” kata Fahri di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis (19/3).

Dia mengatakan ISIS merupakan produk isu wilayah timur tengah sehingga tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Menurut dia pemerintah jangan gugup dan jangan berlebihan impor isu Timur Tengah karena tidak ada relevansinya dengan kondisi Indonesia.

” Jangan berlebihan impor isu timur tengah tidak ada relevansinya dengan Indonesia, kita punya tradisi islam moderat yang kuat,” ujarnya.

Fahri menjelaskan permasalahan radikalisme seperti ISIS bukan hanya terkait ideologi saja namun yang paling utama adalah ekonomi. Dia menilai pemerintah harus menguatkan sistem ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mencontohkan negara Turki yang ekonominya kuat sehingga tidak berpengaruh oleh ISIS meskipun berbatasan langsung dengan Suriah dan Iran yang merupakan basis ISIS.

Sebelumnya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno mengatakan akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membuat peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk menindak kelompok yang mendeklarasikan diri mendukung ISIS. (*/lek)

Sumber:antara

Loading...

Berita Terkait