Tak Berkategori  

Festival Marandang di Payakumbuh, Targetkan Branding Sebagai ‘City of Randang’

Foto: Rendang. (antara)

PAYAKUMBUH – Untuk pertama kalinya, Pemko Payakumbuh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan Festival Marandang di kota itu. Kegiatan itu bakal digelar pada 15 – 16 Oktober 2020.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Selasa (6/10/2020) mengatakan, festival itu juga untuk lebih menaikkan branding atau pencitraan Kota Payakumbuh sebagai City Of Randang.

“Festival ini pelaksanaannya akan dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratapan Ibu, kelurahan Ibuh, diikuti oleh lima kabupaten/kota se-Sumatera Barat,” kata dia.

Berkaitan dengan kegiatan yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan bekerja sama dengan para influencer untuk menyiarkan langsung secara virtual di dunia maya. “Kegiatan ini akan dapat disaksikan nantinya secara virtual. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, maka ke depannya kita berharap kegiatan ini dapat masuk dalam kalender ajang tahunan kota Payakumbuh,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini Kota Payakumbuh sudah memiliki sekolah khusus untuk belajar memasak rendang. Dengan berdirinya sekolah rendang itu diharapkan akan banyak SDM terampil yang mampu memasak rendang, sehingga Kota Payakumbuh bisa memproduksi rendang 10 ton per hari.

Tak cukup sampai di situ, Erwin mengutarakan harapannya agar dengan pencitraan sebagai City of Randang, suatu saat nanti Kota Payakumbuh dapat menjadi sentra kuliner rendang terbesar yang pernah ada.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat Andiko Jumarel mengatakan, selama kegiatan festival berlangsung, yang hanya diperbolehkan hadir di lokasi selain panitia pelaksana, hanya ada perwakilan dari setiap dinas pariwisata setiap daerah yang ikut. (ant/rin)