oleh

Festival Nan Jombang tgl 3 Hadirkan Pupuik Gadang

PADANG – Satu persatu kesenian tradisi dan kesenian berakar tradisi disuguhkan dari tahun ke tahun di Festival Nan Jombang tgl 3. Misinya adalah menjangkau seluruh kesenian tradisi yang ada di Sumatera Barat dan menghadirkannya serta memperkenalkannya pada masyarakat umum. Menjadikannya dikenali oleh generasi muda. Festival Nan Jombang tgl 3 secara konsisten menyediakan panggung setiap bulannya untuk ditampilkan sebagai sebuah tontonan.

Bulan kesembilan pada tahun ini Festival Nan Jombang tgl 3 akan menampilkan pertunjukan kesenian dari daerah Padang. Sasaran Silek Lapau Manggih dari daerah Gunuang Sariak Padang akan menampilkan kesenian Pupuik Gadang. Grup ini merupakan grup Silek pimpinan dari bapak Afrijon sejak tahun 2017. Grup ini didirikan dengan keinginan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisi yang di daerah Gunuang Sariak serta memperkenalkannya pada generasi muda.

Pupuik Gadang merupakan sebuah alat musik yang menjadi ciri khas saat pertunjukan beberapa pertunjukan tari di Minang seperti Tari Piriang atau Tari Galombang. Pupuik Gadang sendiri terbuat dari batang padi dan daun pandan. Asal mula keberadaannya pupuik Gadang ini hadir pada saat masa panen padi untuk merintang rintang hati para petani saat menjaga hasil panen pada malam hari. Pertunjukan Pupuik Gadang nantinya akan didukung oleh alat kesenian lain yakni Talempong Pacik dan Gendang dengan jumlah pemain 5 orang.

Pupuik Gadang akan ditampilkan sebagai penampil utama pada Festival Nan Jombang tgl 3 bulan September nanti. Menurut bapak Afrijon generasi muda saat ini sangat meminati Pupuik Gadang sebagai sebuah tontonan, namun untuk mencari generasi penerus dari Pupuik Gadang ini sangat sulit, disebabkan Kurangnya minat generasi muda dalam mempelajarinya. Selain menampilkan pertunjukan Pupuik Gadang, Sasaran Silek Lapau Manggih juga akan menampilkan 5 pasang penampilan Silek Tuo Pauah yang kan menampilkan pertunjukan silek secara bergantian memperlihatkan kebolehan dan kelihaiannya dalam basilek.

Festival Nan Jombang tgl 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun 2019 kegiatan ini Festival Nan Jombang tgl 3 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Untuk dapat menyaksikan dan menikmati keseruan pertunjukan Pupuik Gadang dan Silek Tuo Pauah silahkan datang dan saksikan di Ladang Tari Nan Jombang, Belakang Komplek Perumahan Polda Balai Baru tanggal 3 September 2019 pukul 20.00 WIB. (wahyu)

 

Loading...

Berita Terkait