Tak Berkategori  

Festival Pesona Minangkabau 2021 Digelar dengan Konsep Hybrid

Festival Pesona Minangkabau 2019 yang digelar di Istano Basa Pagaruyung. (foto: antara)

BATUSANGKAR – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan menggelar Festival pesona Minangkabau dengan konsep hybrid atau sebagian daring yang diadakan pada 13-14 November 2021.

“Konsep ini memungkinkan promosi pariwisata di Tanah Datar tetap terlaksana, namun dengan pembatasan kunjungan wisatawan di masa pandemi COVID-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Paspor) Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar, Rabu (10/11).

Ia mengatakan, kegiatan wisata yang diadakan secara hybrid tersebut hanya dipusatkan di satu tempat, yakni di Istano Basa Pagaruyung. Peserta yang boleh hadir hanya sebanyak 200 orang.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya jika event pesona Minangkabau dilaksanakan di beberapa tempat tanpa dibatasi pengunjung, namun kali ini karena di masa pandemi kita hanya mengundang 200 orang saja,” katanya.

Ia menjelaskan, festival pesona Minangkabau merupakan salah satu event pariwisata nasional di Sumatera Barat yang masuk ke dalam 100 wonderful event di Indonesia sejak 2017.

Namun, pada tahun 2020, event tersebut ditiadakan mengingat perkembangan dan penyebaran kasus virus COVID-19 di Indonesia di waktu itu terbilang tinggi. Kemudian, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan ekspos pariwisata melalui zoom bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) sebelum dinilai oleh kurator.

“Setelah dinilai oleh kurator dan pariwisata kita diekspos alhamdulillah kita lolos ke karisma event nusantara 2021,” katanya.

Setelah dinyatakan masuk ke dalam karisma event nusantara 2021 direncanakan perhelatan festival pesona Minangkabau akan digelar pada Juli 2021. Namun, di bulan itu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tidak mendapatkan izin untuk menggelar event melihat kondisi COVID-19 yang semakin meningkat hingga diundur ke September 2021.

Melihat perkembangan kasus COVID-19 pada September juga masih meningkat kemudian ditunda lagi pada November.

“Alhamdulillah pada November 2021 kita mendapat persetujuan dari tim satgas COVID-19 baik daerah maupun pusat dengan mode pelaksanaan secara hybrid,” katanya. (rn/ant)