Tak Berkategori  

Fosil Manusia Purba Tetua Ditemukan di Flores

ILustrasi. (*)
ILustrasi. (*)
ILustrasi. (*)

BANDUNG –┬áBadan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Australia berhasil menemukan fosil manusia purba pertama dan tertua di Cekungan Soa, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Fosil ini diperkirakan umurnya sekitar 700 ribu tahun yang lalu dan merupakan fosil manusia purba tertua di daratan Flores dan merupakan fosil pertama yang ditemukan di Cekungan Soa,” kata Staf Ahli Bidang Investasi dan Produksi Kementrian ESDM, Ir. Yun Yunus Kusumahbrata, saat menggelar jumpa pers, di Bandung, Rabu malam.

Menurut dia, fosil manusia purba yang ditemukan Cekungan Soa, tepatnya di daerah penggalian Mata Menge, Kecamatan So’a, Kabupaten Ngada, Flores, NTT itu yakni berupa bagian gigi geraham (Molar), gigi kacip (Incisor), gigi taring (Canine) serta tulang rahang (Mandible).

“Dan walaupun temuan fosil ini hanya bagian dari tengkorang manusia purba namun kami meyakini bahwa temuan ini sangat penting untuk memulai temuan lainnya. Karena riset terhadap fosil ini hingga saat ini masih dilakukan oleh kami,” kata dia.

Ia berharap dengan adanya temuan fosil manusia purba tersebut bisa menjadi sebuah pemahaman atau ilmu pengetahuan yang bisa dimanfaatkan semua pihak terutama yang berkaitan dengan ilmu kebumian.(*/lek)

Sumber:antara