Tak Berkategori  

Gagal Raih Poin di Bogor, Semen Padang Terpaku di Papan Bawah

Marcel Silva Sacramento (antara foto)
Marcel Silva Sacramento (antara foto)
Marcel Silva Sacramento (antara foto)

PADANG – Semen Padang FC menutup putaran pertama Liga 1 dengan hasil negatif. Kabau Sirah kalah dengan skor 1-2 di markas PS. TNI di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (30/7).

Menurunkan starting XI terbaiknya, permaianan anak asuh Nilmaizar atas skuad Ivan Kolev berlangsung cepat. Tuan rumah, sudah leading pada saat laga memasuki menit 10 melalui tandukan Erwin Ramdani, setelah menerima umpan matang sepakan bebas Leonel Jorge Nunez dari luar kotak penalti. Sundulan terukur Erwin gagal dibendung Jandia Eka Putra yang seakan sudah mati langkah.

Kontan saja gol pembuka PS. TNI itu memantik adrenalin timnya. Erwin Ramdani tampaknya menjadi momok lini belakang Semen Padang FC. Sontekan kaki kirinya di depan jala gawang Jandia mencatatkan kembali namanya di papan skor untuk kedua kalinya pada menit 39. Gol kedua Erwin itu akibat lengahnya lini belakang yang membiarkan Erwin seorang diri dalam kotak berbahaya itu. Babak pertama berkesudahan 2-0 untuk tuan rumah.

Di babak kedua, taktik pressure terus dilakukan skuad Kabau Sirah. Begitu laga berjalan dua menit aksi sepakan Rudi dari luar kotak penalti masih bisa ditepis penjaga gawang Teguh Amiruddin bahkan bola membentur tiang gawang sisi kirinya.

Semenit kemudian, giliran sepakan Marcel Silva Sacramento setelah menerima umpan back-pass Rudi dalam kotak penalti, sepakan pemain asal Brasil itu masih melenceng ke sisi kanan gawang Teguh Amiruddin. Peluang terbaik dihasilkan Tambun Dibty Naihabo setelah masuk di menit 55 menggantikan Rudi. Sepakan terukurnya setelah terlepas dari jebakan off-side pemain tuan rumah. Sayang sepakan kaki kanan mantan pemain PS. TNI itu masih bisa digagalkan Teguh Amiruddin.

Gol yang tunggu-tunggu kubu Semen Padang FC akhirnya baru tercipta pada menit 61. Berawal dari sepak pojok Riko Simanjuntak dari sisi kiri gawang Teguh Amiruddin. Bek tengah Agung Prasetyo unggul dalam heading dengan Elio Bruno Martins di depan gawang mampu melepaskan sundulan keras. Bola pantulan sundulan Agung itu diterusan oleh Marcel yang berdiri di depan gawang, 1-2.

Menit 79 Semen Padang FC hampir saja mampu membuat papan skor imbang dari sebuah serangan balik. Hanya saja, sepakan chip Mofu di mulut garis penalti masih dapat diselamatkan Teguh Amiruddin yang bermain taktis dalam menggagalkan peluang bagi lawannya.

Upaya Kabau Sirah untuk menyamakan skor hingga wasit Yeni Krisdianto meniup peluit tanda laga berakhir skor 2-1 untuk tuan rumah bertahan.

Dengan gagalnya membawa angka dari Bogor itu, otomatis pasukan Nilmaizar tertahan posisi 13 sementara dengan raihan 22 angka. Peluang SPFC tergesar ke posisi 14 sangat terbuka pula. Pasalnya, Sriwijaya FC bakal memainkan laga penutup putaran pertama menjamu Perseru pada Rabu (2/8) lusa di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. Saat ini Sriwijaya FC telah mendulang 20 poin. Jika menang versus Perseru dipastikan mengkudeta SPFC. (dede)