Tak Berkategori  

Gaji Kecil Bikin Sejumlah Buruh Gamang Menikah

Demo buruh di Jakarta (okezone.com)
Demo buruh di Jakarta (okezone.com)

JAKARTA – Sejumlah buruh dalam aksi memperingati hari buruh internasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (1/5) mengeluhkan susah menikah, karena gaji rendah.

Soleh, buruh yang bekerja di salah satu pabrik otomotif di Cikarang mengatakan untuk berumah tangga, gaji yang diterimanya kini belum cukup sehingga tidak diperbolehkan menikah oleh orang tuanya.

“Gaji sekarang belum cukup. Untuk kontrakan 500 ribu perbulan. Minimal tunjangan lah yang harus ditinggatkan,” ujar dia.

Ia berharap tuntutan buruh didengarkan oleh pemerintah sehingga gajinya bertambah dan dapat segera menikah.

Senada, buruh asal Cirebon Fauziah mengatakan ia mulai gundah karena tidak disetujui calon mertuanya untuk menikah dengan kekasihnya, lantaran gajinya dan pacar sama-sama kecil.

Dalam sebulan, upah yang diterimanya sebesar Rp3,5 juta. Menurut dia, gaji sebesar itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dikirim ke orang tuanya di kampung halaman.

“Ikut demo dari hati nurani. Kami berdua tidak direstui, alasannya gaji dinilai tak cukup untuk menikah. Uang yang dikirim ke kampung cuma separuh, itu juga sudah susah membagi-bagi,” kata dia.

Ia membawa spanduk bertuliskan “Gak direstuin sama orangtuanya, gara-gara gaji pas-pasan #SaveBujangAkut #Tolak Upah Murah” dalam unjuk rasa itu.(aci)

sumber:antara