Tak Berkategori  

Galeri Taman Budaya Padang Gelar Pameran Seni Lukis Kaligrafi Islam

PADANG – Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar menggelar pameran seni lukis kaligrafi Islam, di Galeri Taman Budaya Kota Padang.

Pameran seni lukis kaligrafi Islam ini menampilkan karya empat pelukis mengangkat tema “Ekspresi Religius” yang digelar hingga 20 September 2021.

Keempat pelukis ini Aang maestro Amir Syarif (82 th) dan AM. Y. DT. Garang (71 th), Irhas A Shamad (63 th) dan Ade Setiawan (40 th).

Kepala Dinas Kebudayaan provinsi Sumatera Barat, Gemala Ranti, keempat orang ini ialah para seniman besar kaligrafi Islam asal Sumatera Barat.

“Para perupa yang berkarya di Sumbar maupun di luar Sumbar merupakan aset berharga, yang harus kita beri ruang untuk senantiasa berekspresi melahirkan karya-karya terbaik bernilai estetika tinggi di setiap ruang dan waktu,” kata Gemala Ranti.

Menurutnya, dunia seni rupa dan seni kriya dari Sumbar sejak lama tercatat sebagai salah satu etalase peta seni rupa Indonesia, sehingga perlu dikembangkan.

Sementara itu Kurator pameran, Yasrul Sami mengatakan, karya-karya keempat pelukis ini merupakan seniman yang cukup dikenal karya dan perjalanan kesenimannya di tanah air.

“Pemunculan seni lukis kaligrafi Islam di tanah air termasuk di Sumatera Barat sendiri menjadi suatu fenomena yang sangat diperhitungkan dalam kancah seni rupa moderen di Indonesia,” ungkapnya. (MC)