JAKARTA – Universitas Indonesia mengundang para mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi inovasi program terkait isu keberlanjutan mengenai kesehatan dan lingkungan bertajuk “Voice of Youth Challenge 2023”.
Menggandeng Danone-AQUA sebagai mitra, kompetisi ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa menghasilkan ide kreatif dan inovatif untuk dapat mengajak dan menginspirasi masyarakat, dalam dua kategori tema utama yang dapat dipilih yaitu “Sadar Hidrasi” dan “Manajemen Sampah.”
Dr. Nurul Safitri, MA, Ketua Panitia “Voice of Youth Challenge 2023”, dosen, serta peneliti di Cluster Innovation and Governance (CIGO) Fakultas Ilmu Administrasi UI, menjelaskan era globalisasi telah membawa tantangan bagi keberlanjutan organisasi, bangsa, dan negara.
Semua pihak, mulai dari individu, kelompok, organisasi, hingga bangsa dan negara, membutuhkan keberlanjutan. Dalam konteks ini, inovasi memainkan peran sentral dalam mencapai tujuan keberlanjutan tersebut.
“Melalui ajang kompetisi ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi Indonesia, dan menggunakan lingkungan kampus sebagai representasi miniatur atau sarana uji coba dari situasi di Indonesia,”katanya Kamis (31/8/2023).
Para mahasiswa juga dihadapkan pada tantangan untuk mengembangkan ide-ide inovatif dan kreatif mereka guna mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Validasi atas ide-ide ini akan dilakukan di lingkungan kampus atau lingkungan terdekat, sesuai dengan fokus permasalahan yang hendak diatasi.
“Kami juga bercita-cita melahirkan para inovator muda dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi, yang mampu menangani permasalahan yang melibatkan organisasi, bangsa, dan negara melalui ide-ide kreatif dan inovatif mereka,”tambahnya.
Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, menambahkan, “Danone-AQUA pun turut mendorong pemikiran inovatif dari generasi muda Indonesia untuk keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat, sehingga kami menyambut baik kerjasama dengan Universitas Indonesia dengan turut berinisiasi dalam kompetisi Voice of Youth Challenge 2023.
Tujuan dari kompetisi ini seirama dengan komitmen keberlanjutan yang kami jalankan, dimana salah satunya adalah inisiatif perusahaan dalam mengangkat konsep conscious consumption melalui kampanye #PikirinDulu.
Kampanye ini merupakan upaya Danone-AQUA membangun kesadaran generasi muda untuk berpikir kritis terlebih dahulu sebelum berkonsumsi untuk mempertimbangkan dampak sebuah produk bagi kesehatan, lingkungan, dan juga masyarakat atau komunitas.”