ekonomi

Gandeng Danone-AQUA, UI Ajak Mahasiswa se-Indonesia Ikuti Kompetisi Voice of Youth Challenge 2023

×

Gandeng Danone-AQUA, UI Ajak Mahasiswa se-Indonesia Ikuti Kompetisi Voice of Youth Challenge 2023

Sebarkan artikel ini

Kegiatan kompetisi Voice of Youth Challenge 2023 sejalan dengan komitmen Universitas Indonesia untuk mendukung program pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), yang mana tema kompetisi yang diselenggarakan pada tahun ini selaras dengan dua tema SDGs; nomor 3 mengenai Kehidupan Sehat, dan Sejahtera, dan nomor 12 mengenai Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan BPS, jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai sekitar 64 juta ton per tahun nya. Permasalahan sampah di lingkungan kampus juga masih menjadi penghambat serius bagi perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, masalah kesehatan terkait hidrasi juga menjadi masalah serius karena kurangnya asupan cairan akan berdampak pada kesehatan. Berdasarkan data di 13 negara, 1 dari 4 anak Indonesia di indikasi kurang minum air, dimana 30% yang mereka konsumsi rata-rata bukanlah air yang berkualitas.

WHO juga membatasi jumlah konsumsi gula tidak boleh lebih dari 10% dari minuman. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, diperlukan program dan ide inovatif untuk mengatasi hal tersebut.

Tahapan “Voice of Youth Challenge 2023” yakni, desk review. Pada tahap ini Proposal yang diusulkan oleh mahasiswa akan di review oleh para Juri yang berasal dari UI, Danone-AQUA dan praktisi sesuai dengan kategori tema masing-masing.

Tahap announcement batch 1. Pada tahap ini akan diumumkan hasil penilaian juri pada tahap desk review dan peserta yang lolos tahap desk review berhak mendapatkan dana yang akan digunakan untuk melakukan validasi atas ide program mereka.

Tahap idea validation, pada tahap ini mahasiswa melakukan kegiatan validasi program dan melakukan evaluasi atas ide program yang mereka usulkan. Kemudian menyiapkan pitch deck hasil validasi tersebut.

Tahp idea pitch, pada tahap ini mahasiswa melakukan presentasi ide program di depan juri secara hybrid (kombinasi luring dan daring) di depan para juri yang terdiri dari pihak UI, perwakilan media massa, Danone-AQUA dan Praktisi.

Tahap announcement the winner, tahap ini akan diumumkan hasil penilaian juri pada tahap idea pitch terhadap 3 terbaik baik dari kategori tema sadar hidrasi dan manajemen sampah.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta dapat mendaftar untuk berpartisipasi hingga tanggal 25 September 2023.(*/Rel)