Tak Berkategori  

Gempa 3,9 SR Kagetkan Warga Tanah Datar dan Padang Panjang

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG PANJANG – Di tengah sungkupan kabut, Kamis (29/10) pukul 17.29 WIB, warga Padang Panjang dan Tanah Datar dikagetkan getaran gempa bumi. Warga pun segera berhamburan keluar rumah.

“Ada gempa yang hentakannya cukup kuat. Kendati sebentar, tetapi cukup membuat kaget. Sudah lama juga kita tak merasakan gempa,” ujar Adi, warga Padang Reno, Kelurahan Koto Panjang, Kota Padang Panjang.

Selain di Padang Panjang, hentakan gempa juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman, Bukittinggi, Agam, dan Tanah Datar.

Informasi yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, sebagaimana disampaikan relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) atas nama Isril Naidi (JZ 03 FIS) dan Pak Wanto (JZ 03 IAW), gempa berkekuatan 3,9 Skala Richter (SR) itu, terjadi pada koordinat 0,51 Lintang Selatan (LS) dan 100,4 Bujur Timur (BT).

“Kedalaman pusat gempa adalah 10 kilometer, dan koordinatnya berlokasi di sebelah Tenggara Kota Padang Panjang. Lokasinya sekitar Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh,” katanya.(musriadi)