oleh

Gempa 4,4 SR di Laut Pasaman Barat, Ini Penjelasan BMKG

PADANG – Gempa tektonik yang terjadi di laut Pasaman Barat yang berdekatan ujung Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 10.32 WIB dengan Magnitude 4,4 dirasakan di empat kabupaten.

Informasi dari BMKG Stasiun Geofisika Silaing Bawah Padang Panjang, Sumatera Barat gempa terjadi di wilayah Pasaman Barat terletak pada 0.44 Lintang Selatan dan 99.16 Bujur Timur, tepatnya di laut 96 kilometer Barat Daya Pasaman Barat dengan kedalaman 31 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, Irwan Slamet menjelaskan jika memperhatikan letak sumber gempa bumi tersebut dengan ke dalaman hiposenter yang dangkal ini mencirikan sebagai aktifitas sesar Mentawai.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat goncangan tersebut dirasakan di Kabupaten Agam, Pasaman, Pasmaan Barat dan Padang Panjang II – III MMI,” terangnya kepada wartawan, Kamis (23/5).

Kepada Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Gempa tadi tidak berpotensi tsunami,” tutupnya. (aci)

News Feed