Tak Berkategori  

Gempa 5,1 SR Di Mukomuko Terasa Hingga ke Pessel dan Mentawai

Ilustrasi (okezone)
Ilustrasi (okezone)
Ilustrasi (okezone)

BENGKULU – Gempa berkekuatan 5.4 skala richter (SR) yang terjadi pada Minggu (2/4) sekira pukul 20.55 WIB terasa hingga Pesisir Selatan dan Pagai Selatan, Sumatera Barat.

Sementara di Bengkulu, getaran gempa dirasakan di lima kabupaten/kota. Wilayah tersebut ialah Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Mukomuko dan Kabupaten Kepahiang.

Pusat gempa berada di koordinat 3.18 Lintang Selatan,101.44 Bujur Timur, sekira 59 km tenggara, Kabupaten Mukomuko, dirasakan cukup kencang oleh masyarakat di lima kabupaten/kota.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang,Litman mengatakan, gempa dengan kedalaman 49 km tersebut, tidak memicu gelombang tsunami.

Ia menambahkan, gempa di Mukomuko dirasakan di Kepahiang III MMI, Kota Bengkulu Kota III-IV MMI, Kabupaten Bengkulu Tengah III-IV MMI, Kabupaten Bengkulu Utara III-IV MMI, dan Kabupaten Mukomuko IV MMI,.

“Gempa dirasakan di Pesisir Selatan II-III MMI, dan Pagai Selatan I-II MMI,” kata Litman.

Dihubungi terpisah, Suvervisor Pusdalops BPBD Mukomuko, Hitatun Arazak mengatakan, getaran gempa memang dirasakan kencang. Hanya saja, kata dia, tidak membuat warga Mukomuko, panik.

Selain itu, kata dia, saat ini pihaknya belum ada menerima laporan atas dampak dari getaran gempa. Baik kerusakan bangunan maupun lainnya. (aci)

agregasi okezone1