Tak Berkategori  

Gempa 6,5 SR di Xinjiang Tewaskan 4 Orang

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

BEIJING – Empat orang telah dikonfirmasi tewas dan 48 orang lagi cedera akibat gempa dengan kekuatan 6,5 pada Skala Richter, yang mengguncang Wilayah Otonomi Uygur Xinjiang di Tiongkok, Jumat (3/7).

Gempa bumi tersebut mengguncang Kabupaten Pishan di Prefektur Hotan pada pukul 09.07 waktu setempat, dan pusat gempa tercatat pada 37,6 derajat Lintang Utara dan 78,2 derajat Bujur Timur, kata Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok (CENC).

“Guncangan itu, dengan kedalaman 10 kilometer, juga menghancurkan atau merusak banyak rumah serta mengganggu komunikasi,” kata Komite Partai Komunis Tiongkok di prefektur tersebut.

Li Hua, pekerja di pertanian milik negara di Pishan, mengatakan kepada Xinhua ia merasa pusing akibat gempa yang mengguncang tempat tinggalnya di lantai empat dan berlangsung selama sekitar satu menit.

Tak lama setelah gempa mengguncang, daerah tersebut digetarkan beberapa gempa yang lebih kecil dengan kekuatan antara 3,0 dan 4,6 pada Skala Richter, kata CENC.

Satu bandar udara di Hotan telah ditutup, kata Administrasi Gempa Bumi Tiongkok (CEA) di dalam satu pernyataan singkat di jejaringnya, dengan mengutip laporan dari lembaga gempa bumi lokal.

CEA mengeluarkan reaksi tanggap darurat Tingkat-II bagi gempa itu.(*/aci)

sumber:antara