oleh

Gempa Nias Terasa Hingga Padang Panjang

Seismograf. (*)
Seismograf. (*)

PADANG PANJANG – Getaran gempa bumi yang berpusat di kawasan Nias Selatan, tadi pagi terasa hingga ke Padang Panjang. Guncangan yang agak terasa, dilaporkan sempat membuat cemas masyarakat di kawasan pantai Barat Sumbar, terutama di kawasan Air Bangis.

Informasi yang disiarkan BMKG, sebagaimana dikutip aktivis Radio Antar Pendidik Indonesia (RAPI) atas nama Pak Wan (JZ 03 IAW) alias Wanto menyebut, gempa berkekuatan 5,1 SR itu terjadi sekitar pukul 07.42.56 pada Jumat (13/3) dengan pusat di sekitar 85 Km arah tenggara Nias Selatan pada kedalaman 10 Km.

Di Kota Padang Panjang, jelasnya, gempat dapat dirasakan pada skala I MMI, sementara di Kota Bukittinggi dirasakan II MMI. ” Di Air Bangis terasa agak keras, mencapai II-III MMI,” katanya.

Skala Modified Mercally Intensity (MMI) digunakan untuk mengukur besar getaran yang bisa berdampak akibat gempa bumi. Skala dibuat I hingga XII. Pada skala I-II MMI  getaran gempa dapat dirasakan, sementara benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Pada skala III MMI, getarannya dirasakan ketika kita berada di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat.

Sementara, menurut BMKG, pada skala XII MMI, seluruh bangunan diyakini akan hancur, gelombang tampak pada permukaan tanah, pemandangan menjadi gelap, dan benda-benda terlempar ke udara.(mus)

 

Loading...

Berita Terkait