oleh

Gerah Terus Didenda, Barcelona Ancam Seret UEFA ke Pengadilan HAM Eropa

Fans Barcelona (net)
Fans Barcelona (net)

MADRID – Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengancam menyeret UEFA ke Pengadilan Eropa untuk Hak Asasi Manusia, setelah klubnya didenda karena para penggemar mengibarkan bendera yang mendukung kemerdekaan Katalan.

Badan sepakbola Eropa itu mendenda Barca sebesar 40.000 euro karena bendera-bendera dikibarkan saat sang juara Eropa menang 2-1 atas Bayer Leverkusen bulan lalu.

Ini merupakan sanksi kedua yang serupa dalam rentang waktu beberapa bulan ketika Barca didenda 30.000 euro untuk alasan yang sama, setelah kesuksesan mereka di final Liga Champions atas Juventus.

Bartomeu menegaskan akan membawa UEFA ke pengadilan karena pelanggaran terhadap hak para penggemar klub untuk menyuarakan pendapat. “Sudah cukup,” ucapnya pada pertemuan umum tahunan klub.

“Kami akan melakukan banding terhadap sanksi kepada komite banding UEFA dan jika mereka tidak menerima kasus kami, kami akan membawanya ke Pengadilan Arbitrasi untuk Olahraga.”

“Bahkan jika kasus kami tidak diterima, kami akan membawanya ke Pengadilan Tinggi Swiss dan, jika diperlukan, Komite Eropa untuk Hak Asasi Manusia di Strasbourg.”

Menurut regulasi disiplin UEFA, “pesan-pesan politis, ideologis, agama, bersifat menyerang atau provokatif tidak diizinkan.”

“Hal itu mengancam salah satu hak paling dasar di demokrasi. Yakni kebebesan berekspresi,” tambah Bartomeu. (aci)

sumber:antara

Loading...

Berita Terkait