Tak Berkategori  

Gerakan Sungai Bersih, Batang Arau Bebas Sampah


Walikota H. Mahyeldi bersama Komisaris Utama BRI, Andrinof A. Chaniago dan pimpinan BUMN lainnya membersihkan Batang Arau, Minggu (29/7).(Syawaldi)

PADANG – Batang Arau, Padang mendadak disulap menjadi sungai yang bebas dari sampah, Minggu pagi (29/7). Sungai yang berhubungan langsung dengan Muaro Padang itu dibersihkan secara bersama-sama melalui aksi “Gerakan Sungai Bersih” yang diinisiasi Komisaris Utama BRI, Andrinof A. Chaniago.

Tak tanggung-tanggung, untuk kegiatan ini enam BUMN pun digandeng. Antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, Telkom Indonesia, Pertamina, Angkasa Pura II, hingga Pelindo II. Pemerintah Kota (Pemko) Padang serta TNI dan Polri dan komunitas lintas sektoral juga turut bersinergi.

Sebagaimana kegiatan ini dihadiri Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Karliansyah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolresta, Dandim 0312/Padang serta pimpinan enam BUMN dan kalangan akademisi perguruan tinggi di Padang bahkan mancanegara.

Di samping launching dan deklarasi Gerakan Sungai Bersih, semua unsur melakukan aksi pemungutan sampah di sepanjang kawasan Batang Arau dengan menggunakan sejumlah perahu motor dan juga di daratan sungai.

Andrinof A. Chaniago menyebutkan, diperkirakan selama enam bulan setelah ini pihaknya siap menyulap Batang Arau menjadi sungai yang bersih dan indah. Program dan upaya ini diharapkan dapat dilakukan secara massif dengan melibatkan berbagai kalangan, yakni dukungan Pemko Padang serta seluruh elemen dan juga masyarakat setempat.

Gubernur Irwan pun juga berharap gerakan seperti ini juga dapat dilakukan tidak hanya di Padang, namun juga di seluruh kabupaten/kota yang memiliki sungai-sungai berpotensi untuk pariwisata di Sumbar.

“Mari kita jaga sungai-sungai yang ada disekitar kita dengan tidak membuang sampah ke dalamnya dan senantiasa menjaga kebersihannya,” cetus gubernur. (syawaldi/deri)