oleh

Gerindra Pastikan 3 Kursi DPRD Sumbar dari Dapil Padang

PADANG – Partai Gerindra memastikan peroleh tiga kursi untuk DPRD Sumbar dari Dapil 1 Kota Padang. Partai besutan Prabowo Subianto itu memperoleh 98.722 suara.

Hal itu diketahui dari hasil rekapitulasi perolehan suara untuk DPRD Sumbar oleh KPU Kota Padang yang sudah selesai, Rabu (5/8).

Komisioner KPU Padang, Yusrin Trinanda membenarkan bahwa KPU Padang sudah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara tingkat Kota Padang. “Sudah selesai kemarin,” katanya.

Dia mengatakan, untuk kusi DPRD Sumbar yang menetapkan adalah KPU Sumbar. “KPU Padang sebatas penghitungan saja,” ujarnya.

Dari 10 kursi di Dapil Kota Padang, berdasarkan hitung-hitungan dengan merujuk metode penghitungan suara, divisor sainte lague dengan data yang diperoleh Singgalang, Gerindra menempatkan tiga kedernya, sementara PKS dan PAN berbagi masing-masing 2 kursi.

Sementara partai lain yang berhasil mendudukkan kadernya adalah Demokrat (1 kursi), Golkar (1 kursi) dan PDIP (1 kursi).

Sumber data yang jadi rujukan Singgalang adalah hasil pleno rekapitulasi perolehan suara 16 partai peserta pemilu 2019 yang dilakukan KPU Padang.

Namun untuk memastikan perolehan kursi ini, semua pihak diharapkan menunggu keputusan KPU Sumbar dengan agenda penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih. Penetapan Perolehan Kursi dan Calon terpilih Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Paling ini dijadwalkan paling lama tiga hari setelah penetapan, putusan dismisal atau putusan makamah konstitusi yang jadwal dalam rentang waktu 18 April – 22 Mei 2019. (mbang)

Loading...

Berita Terkait