oleh

Getaran Gempa 5,0 SR di Bengkulu, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi (antara)

BENGKULU – Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, Sabtu (8/12). Gempa yang terjadi sekira pukul 11.02 WIB, itu tidak begitu dirasakan masyarakat di Kota Bengkulu dan sekitarnya serta tidak berpotensi tsunami.

Gempa yang mengguncang Kota Bengkulu, itu berada di koordinat episenter 4.12 Lintang Selatan (LS) dan 101.54 Bujur Timur (BT), atau berada di 87 kilometer (km) Barat Daya Kota Bengkulu, 105 Km Barat Daya Kabupaten Bengkulu Tengah, 106 km Barat Daya Kabupaten Bengkulu Utara, dan 107 km Barat Daya Tulang Bawang Barat, Lampung, dengan kedalaman hiposenter 14 kilometer (km).

Berdasarkan hasil analisis BMKG, sejak gempa terjadi belum adanya laporan kerusakan di wilayah yang merasakan getaran gempa, pada siang ini.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa di Kota Bengkulu lantaran adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia, dengan hiposenter yang terletak di zona transisi Megathrust-Benioff. ”Gempa ini tidak berpontensi tsunami,” kata Sabar kepada okezone.

Sejak gempa terjadi dari BMKG Kepahiang belum ada mencatat aktivitas gempa susulan. Meskipun demikian, imbau Sabar, masyarakat agar tetap tenang. ”Gempa tidak begitu dirasakan. Belum ada laporan kerusakan. Kami meminta agar masyarakat tetap tenang,” ujar Sabar. (aci)

Loading...

Berita Terkait