Tak Berkategori  

Getaran Gempa di Nias Terasa Hingga Wilayah Sumbar

Ilustrasi (okezone)
Ilustrasi (okezone)
Ilustrasi (okezone)

MEDAN – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5 SR di Nias Selatan juga dirasakan masyarakat di Sumatera Barat, Senin (27/3) malam.

Kepala Bidang Data Dan Informasi BMKG 1, Syahnan mengatakan peta tingkat guncangan (model shakemap) BMKG menunjukkan daerah Nias Selatan dirasakan banyak orang.

“Tidak menimbulkan kerusakan. Hanya benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar,” jelas Syahanan.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, selain dirasakan di Kepulauan Nias, gempa juga dirasakan hingga ke Pasaman Barat dan Agam, Sumatera Barat.

“Khusus masyarakat di Kabupaten Nias Selatan dan Gunungsitoli Sumatera Utara, dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Syahnan.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 SR mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Kepala BBMKG Wilayah I Sumatera Utara, Edison Kurniawan menjelaskan dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 20:15:26 WIB terletak pada koordinat 0.54 LU dan 98.38 BT. (aci)