oleh

Gubernur  Ingatkan Realisasi Serapan Anggaran Harus 95 Persen

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (irwanprayitno.com)

PADANG – Sempat tidak mencapai target pada Juni 2018, Gubernur Irwan Prayitno menegaskan capaian realisasi APBD 2018 pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) minimal 95 persen di akhir tahun. Jika di bawah itu kepala dinas akan dievaluasi.

“Realisasi APBD adalah jaminan pembangunan terlaksana dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. Karena itu, capaian masing-masing OPD menjadi salah satu evaluasi kinerja bagi kepala dinasnya,” katanya di Padang, Selasa (14/8/2018).

Irwan mengatakan tidak segan-segan mengganti pejabat yang memiliki kinerja buruk dengan pejabat lain yang memiliki kemampuan. Jajaran Pemprov Sumbar memiliki cukup banyak pejabat yang berkompeten bahkan berdasarkan pemetaan potensi, setidaknya ada 50 eselon III yang memiliki kemampuan setara eselon II.

Data Bagian Pembangunan Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau Sumbar, realisasi APBD daerah itu pada semester I masih relatif rendah yaitu realisasi fisik 39,4 persen dan keuangan 32,46 persen. Harusnya pada semester I atau Juni 2018, realisasi APBD pada OPD sudah mencapai 50 persen.

“Data pada Agustus, realisasi fisik dan keuangan sudah naik sifnifikan. Pada November diharapkan bisa sesuai target 95 persen,” katanya. (yose)

 

Loading...

Berita Terkait