Tak Berkategori  

Gudang Furnitur di Lengayang Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp1,2 Miliar

Ilustrasi (okezone)

PAINAN – Kebakaran hebat terjadi di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Pabrik sekaligus gudang furnitur di Kenagarian Lakitan dilalap si jago merah.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 WIB. Pemilik bangunan tersebut bernama Safril (43), warga Lakitan Induk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Namun, korban diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp1,2 miliar.

Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pessel Daililipal, mengatakan penyebab kebakaran diduga dipicu arus pendek listrik. Api dengan cepat menjalar lantaran gudang dipadati furnitur beserta perkakasnya.

Dailipal menyebutkan, anggota Damkar yang berada di Lengayang dan Balai Selasa sudah berupaya untuk memadamkan api dengan cepat. Pihaknya menurunkan dua tim yakni dari Posko Damkar Lengayang dan Balai Selasa.

“Anggota Damkar di Posko Lengayang tiba sekitar pukul 22.25 WIB. Berselang lima menit dari informasi peristiwa kebakaran kami terima,” kata Dailipal kepada awak media di Painan, Senin (29/11).

Setelah tim Damkar Lengayang sampai, lanjutnya, baru disusul oleh petugas Damkar dari Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Lengayang.

Proses pemadaman api berlangsung hampir tiga jam setelah dua armada dan belasan personel diturunkan ke lokasi. Kesulitan memadamkan api karena kebanyakan barang di dalam gudang terbuat dari bahan yang mudah terbakar. “Melalui upaya petugas Damkar dan dibantu masyarakat, Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.10 WIB,” kata Dailipal. (aci)