Haaland Dua Gol, Manchester City Kalahkan West Ham United

Erling Haaland. (antara)

JAKARTA  – Manchester City mengawali Liga Premier Inggris musim 2022/23 dengan mengalahkan West Ham United 2-0 di London Stadium, London, Inggris yang berakhir pada Senin dini hari WIB.

Erling Haaland memborong dua gol dalam pertandingan ini. Kemenangan ini membuat City menempati peringkat ke-4 klasemen sementara Liga Premier Inggris, sedangkan West Ham duduk di peringkat ke-19.

West Ham langsung mengancam gawang City pada menit ke-3. Berawal dari sepak pojok, bola yang gagal dihalau dengan sempurna jatuh ke kaki Jarrod Bowen, tetapi tendangannya diblok.

The Hammer masih mengancam lewat Manuel Lanzini yang kemudian melepaskan umpan silang dari kiri. Michail Antonio menanduk bola, sayang percobaannya masih melambung di atas mistar gawang.

City membangun serangan mereka dan sempat membobol gawang West Ham pada menit ke-27. Kevin De Bruyne menuntaskan umpan tarik dari Ilkay Gundogan, tetapi gol dianulir karena Gundogan ada dalam posisi offside saat menerima bola dari Haaland.

The Citizens mendapatkan kans emas untuk mencetak gol setelah Haaland dijatuhkan oleh kiper West Ham Alphonse Areola pada menit ke-36.

Haaland maju sebagai eksekutor dan sukses mencetak gol pertamanya bagi City di Liga Premier Inggris setelah mengarahkan tendangannya ke pojok kiri bawah gawang hingga mengecoh Areola. City menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Selepas jeda, City terus mendominasi jalannya permainan. West Ham hanya sesekali mengancam gawang Ederson.

City gagal menambah gol usai mendapat peluang pada menit ke-62. De Bruyne melepaskan umpan mendatar dari sisi kanan. Bola gagal dijangkau Haaland, tetapi dapat disambar Gundogan.

Namun, upaya gelandang Jerman itu masih melebar dari gawang West Ham yang dikawal Lukasz Fabianski.

Pada menit ke-65, Haaland kembali mencetak gol. Berawal dari umpan terobosan De Bruyne ke Haaland. Dia kemudian dengan tenang mengarahkan tembakan ke pojok bawah gawang West Ham untuk membawa City unggul 2-0.

City kembali menekan meski sudah unggul dua gol. Peluang didapat tim tamu lewat sundulan Haaland yang meneruskan umpan Jack Grealish, tetapi usaha bomber asal Norwegia itu belum menemui sasaran.

Tidak ada gol tambahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Tim asuhan Pep Guardiola tersebut berhak membawa pulang tiga poin.

Susunan Pemain:
West Ham United (4-2-3-1): Lukasz Fabianski (Areola 29′); Vladimir Coufal, Kurt Zouma, Ben Johnson, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice; Jarrod Bowen, Manuel Lanzini (Benrahma 57′), Pablo Fornals; Michail Antonio (Scamacca 57′)

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan (Bernardo Silva 78′), Rodrigo (Phillips 89′), Kevin De Bruyne (Palmer 88′); Phil Foden (Mahrez 88′), Erling Haaland (Alvarez 78′), Jack Grealish

(*/ant)