Tak Berkategori  

Harbolnas 2018 Gandeng 300 e-Commerce, Target Transaksi Rp7 Triliun

Pada Harbolnas 12.12, sebanyak 300 e-Commerce bakal terlibat. (ist)
Pada Harbolnas 12.12, sebanyak 300 e-Commerce bakal terlibat. (ist)

JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini akan digelar 11-12 Desember 2018, menargetkan Rp 7 triliun meningkat 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Harbolnas tahun ini mendapat dukungan istimewa dari pemerintah melalui tiga kementerian, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA). Selain menargetkan transaksi juga akan didedikasikan penuh untuk meningkatkan penjualan produk lokal dari para pelaku UMKM di lebih dari 300 platform e-Commerce di Indonesia.

Tjahya Widayanti, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemerindag RI, menyambut baik pelaksanaan Harbolnas 2018 yang berfokus pada semangat gotong royong dalam meningkatkan nilai produk lokal di era perdagangan digital. Pada 11-12 Desember 2018 akan menyelenggarakan Harbolnas. Belanjalah melalui online, produk-produk dalam negeri karya anak bangsa.

Sementara itu, Indra Yonathan selaku Ketua Panitia Harbolnas 2018 menyatakan untuk pertama-kalinya sejak 2012, Harbolnas tahun ini mendapat dukungan penuh dari tiga kementerian dan juga idEA. Selama ini banyak yang beranggapan 11 November (11.11) lalu merupakan Harbolnas. Namun sebenarnya Harbolnas itu jatuh pada 12 Desember (12.12).

Harbolnas tahun ini mengangkat tema ‘Belanja untuk Bangsa’ untuk meningkatkan nilai produk lokal di platform e-commerce. Kami para pelaku e-commerce ingin merangkul para produsen produk lokal untuk dapat merasakan kemeriahan Harbolnas tahun ini.

Disampaikan Indra Yonathan selaku Country Head of ShopBack Indonesia, pihaknya ingin mendorong semangat gotong royong baik dari pelaku e-commerce, produsen lokal serta rakyat Indonesia untuk membangkitkan nilai produk lokal Dengan belanja untuk bangsa secara tidak langsung masyarakat juga ikut serta dalam membantu perekonomian Indonesia.

Harbolnas merupakan salah satu inisiasi positif pelaku e-commerce untuk meningkatkan gairah industri e-commerce di Indonesia. Tahun ini, para pelaku e-commerce bersama-sama merangkul produsen lokal untuk masuk dan merasakan manfaat pasar digital. Semoga pesta belanja tahunan ini dapat berjalan dengan lancar dan lepas dari segala kecurangan-kecurangan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pasar e-commerce tanah air.

Dengan pertumbuhan e-commerce tanah air yang luar biasa dan saat ini menduduki posisi tiga besar investasi di Indonesia setelah industri tambang minyak dan gas, (riset yang dilakukan oleh Google, AT Kearney & Amvesindo pada tahun 2017). Maka harus dibarengi juga dengan perhatian kepada perlindungan konsumen. Hal tersebut jelas sebagai bagian dalam peta jalan pengembangan e-commerce yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Pelaksanaan Harbolnas tahun lalu berhasil merangkul 254 pelaku e-commerce dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,7 triliun atau 4,2 kali lebih besar dari transaksi rata-rata transaksi harian. Harbolnas 2018 diikuti dari 300 e-commerce ternama di Indonesia dan didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, ShopBack, Jaringan Prima, IMX, PopBox dan JET sebagai official partner. (sm)