oleh

Harga Bawang Putih di Padang Melejit

PADANG – Harga bawang putih terus melejit dibanding satu bulan terakhir. Di Pasar Raya Padang, Senin (6/5) encapai Rp80 ribu kg hingga Rp90 ribu per kg. Meski begitu permintaan terhadap bawang putih tetap tinggi.

“Iya harga bawang putih sekarang sangat tinggi. Ini harga tertinggi sepanjang sejarah,” kata Ef, salah seorang pedagang sembako kepada Singgalang, Senin (6/5).

Dikatakan Ef, mahalnya harga bawang putih karena pasokan yang kurang. Sedangkan barang yang ada merupakan stok lama, karena itu pedagang menjual harga bawang putih semaunya saja hingga mencapai Rp80 ribu hingga Rp90 ribu per kg.

“Harga bawang putih tinggi, tapi barangnya sangat terbatas. Meski begitu permintaan tetap tinggi. Sebab orang butuh untuk berbagai masakan,” terang Ef.

Di Pasar Lubuk Buaya, harga bawang putih pun mencapai Rp80 ribu hingga Rp90 ribu per kg. “Harga bawang putih memang tinggi sekarang. Naik berlipat-lipat dibanding sebulan yang lalu yang hanya Rp20 ribu per kg,” kata Epi salah seorang pedagang sembako Pasar Lubuk Buaya.

Mahalnya harga bawang putih menyebabkan Epi tak mampu membelinya dalam jumlah banyak. Misal untuk 20 kg diharus membayar Rp1 juta. Jumlah itu baru untuk satu komodisi sembako yang akan dia jual. Makanya dia memilih membeli bawang putih sedikit demi sedikit.

Tingginya harga bawang putih dikeluhkan para ibu rumah tangga. Mereka berharap harga bawang putih segara normal diangka Rp20 ribuan per kg.

Sementara, Senin (6/5) pasokan bawang putih dari Jakarta mulai masuk ke Bukittinggi. “Iya, pasokan bawang putih sudah mulai masuk ke Sumbar. Salah satunya ke Bukittinggi, jumlahnya sekitar 7,5 ton. Pasokan masuk dari Jakarta,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben Hendri, kepada Singgalang, Senin (6/5) di kantornya.

Disebutkan Asben, tingginya harga bawang putih disebabkan pasokannya yang kurang, karena itu pihaknya langsung menghubungi pusat agar segera mengirim pasokan, guna mencegah makin tingginya harga bawang putih.

“Kami juga sudah sampaikan ke para pedagang untuk berkomunikasi langsung ke pemasok besar bawang putih. Kalau memang pasokkan di Padang kurang, maka bisa segera mengirim permintaan ke pemasok besar bawang putih. Jika pasokan cepat masuk, otomatis harga tidak akan naik terus,” terang Asben, didampingi Kabid Perdagangan, Ridonald.

Sementara, selain bawang putih, harga gula di pasaran juga mulai naik. Kemarin harga gula berkisar Rp12.900 per Kg hingga Rp15.000 per Kg. Untuk ukuran karung Rp600 ribu per karung. (yuke)

News Feed